10 tips menjadi programmer yang baik

Dikutip dari sebuah blog codeshare.co.uk, Ada 10 buah aturan yang bisa kamu gunakan untuk menjadi programmer yang lebih baik, dengan sedikit modifikasi konten supaya lebih keren :p

1. Hindari code yang berulang-ulang

Maksudnya adalah menghindari penulisan kode-kode yang berulang-ulang. Luangkanlah waktu kamu untuk mereview kode yang sudah kamu tulis sebelumnya dan jika ada kode yang berlebihan,  segera lakukan refatoring agar kodenya jadi lebih simple. Kamu bisa membaca artikel ini untuk tips membuat kode kamu lebih simple: Tips simple untuk simple code: part 1. Hindari penggunaan singkatan.

2. Berikan nama variable sesuai dengan apa fungsinya, bukan apa tipe datanya.

Pengecualian jika kamu melanjutkan project dari orang lain, kamu harus mengikuti penamaan yang sudah ada sebelumnya yang tentu saja sangat melelahkan dan cukup membuat pusing.

3. Buat nama fungsi yang jelas sesuai dengan apa yang akan dilakukan oleh fungsi tersebut.

Ingat programmer yang baik menghasilkan kode yang tidak hanya mampu dibaca komputer tapi oleh programmer yang lain juga. Jika kamu sudah melakukan ini dengan baik, ini akan mengurangi penggunaan komen di dalam kode kamu. Komen terjadi karena penamaan yang buruk jadi kamu perlu jelasin lagi dengan komen

4. Jangan menggunakan magic number atau string literal

Jangan sampai di kode yang kamu buat ada angka atau string yang membuat orang lain bertanya-tanya apa fungsi dari angka atau string tersebut. Buatlah constants, enum atau private variable dengan nama yang mudah dimengerti.

5. Tulis fungsi yang tidak memiliki dependencies dengan bagian lain dari aplikasi yang dibuat.

Jika kamu membuat sebuah fungsi, ada baiknya tidak memiliki dependencies dari part lain project tersebut. Maksudnya tentu menghindari error, juga agar lebih mudah saat dilakukan testing.

6. Tanya para master

Malu bertanya sesat dijalan. Pepatah ini juga berlaku bagi para programmer. Jika ada kesulitan, bertanyalah pada yang lebih ahli. Ikuti forum-forum programmer juga menjadi salah satu untuk berbagi masalah dan solusi.

7. Ingat boy scout rule

Boy scout rule artinya jika kamu sedang melihat kode yang hancur atau membingungkan, segera perbaiki saat itu juga. Jangan tunggu orang lain yang memperbaiki tapi jangan juga buat ulang semua kode tersebut dari awal lagi.

8. Bagikan pengalaman yang kamu dengan programmer lain

Sharing is caring :D. Berbagi pengalaman selama kamu ngoding bisa membuat kamu belajar berkomunikasi dan mendekatkan diri dengan anggota tim kamu. Jangan jadi programmer yang sombong tidak mau berbagi ilmu dengan orang lain ya. Programmer yang baik adalah hasil dari tahunan pengalaman dan pengetahuan dari banyak programmer sekaligus.

9. Jangan ganggu tim kerja kamu saat dia sedang fokus bekerja

Siapa sih yang suka diganggu kalau lagi fokus ngoding? Jadi, kalau ada tim kamu yang sedang bekerja, biarkan dulu sampai selesai baru kita tanya. Atau bisa buat jadwal untuk sesi tanya jawab dan sharing mengenai kesulitan dan ilmu baru apa saja yang sudah didapatkan pada jam dan hari tertentu.

10. Terima kritikan sebagai sebuah masukan, jangan mudah tersinggung.

Kalau ada yang memberikan kritik tentang kode yang kamu buat, jangan mudah tersinggung. Kita dengarkan dulu saran dari mereka, cek lagi apakah kalau misalnya diperbaiki sesuai dengan saran yang diberikan ternyata hasilnya lebih baik, why not?

Walaupun tiap hari kamu para programmer liatin layar monitor yang datar, jangan buat muka kamu ikutan datar juga, keep smile 🙂

Please follow and like us:
Tags: Tips

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article