10 tools yang bisa membantu kamu para web developer

Ada dari pembaca yang jadi web developer? Kita mau share 10 tools yang bisa jadi pilihan untuk mempermudah pekerjaan kamu.

1. Link Sleuth

http://home.snafu.de/tilman/xenulink.html

Link Sleuth adalah aplikasi windows yang membantu mengecek semua link yang ada di website kamu apakah ada ada link yang broken atau tidak. Bagusnya kamu setelah di cek kamu bisa download dalam beberapa format

2. HT Track

https://www.httrack.com/

HT Track ini bagus digunakan untuk mengcopy sebuah website. Dengan memasukkan alamat web yang ingin kamu copy, kamu bisa mendownload semua html, css, js dan juga gambar-gambar dan asset lainnya. Ini bisa membantu kamu jika ada client yang punya sebuah website html dan ingin memindahkan datanya kedalam sebuah CMS. Ini bisa juga digunakan jika kamu melanjutkan project dari orang lain tapi tidak punya akses ke source codenya.

3. Trello

https://trello.com/

Butuh tolls untuk mengorganisir catatan atau progress dalam project yang sedang kamu buat? Kamu bisa mencoba memakai trello sekarang. Kamu bisa membuat masing-masing board untuk setiap project yang sedang kamu kerjakan. Nah di dalam board inilah kamu bisa menambahkan kartu-kartu catatan seperti stick note. Saya dan tim juga memakai trello untuk startup kami yaitu jarvis-store.com. Kita punya list card tugas dalam satu minggu, list pekerjaan yang sudah diselesaikan, list bug, archive dan card lainnya.

4. Slack

https://slack.com/

Slack adalah aplikasi chat untuk team yang bisa digunakan untuk berkomunikasi tentang project yang sedang kita kerjakan. Ada banyak fitur yang sudah include dalam aplikasi ini. Ada banyak pluginnya yang sudah terintegrasi dengan aplikasi ini seperti bug tracking dan live notification chat. Aplikasi ini tersedia dalam dalam web app, mobile app dan desktop.

5. Telerik converter

http://converter.telerik.com/

Telerik converter ini khusus untuk para programmer VB atau C#. Kamu bisa mengtranslate kode VB jadi C# begitu juga sebaliknya hanya dengan copy paste saja.

6. Builtwith.com

http://builtwith.com/

Nah ini website yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui teknologi apa saja sih yang dipakai oleh sebuah website.

7. Can I use

http://caniuse.com/

“Can I use” membantu mengecek apakah html atau CSS yang kamu sedang pakai sudah disupport oleh semua browser. Kamu akan diberikan list desktop browser dan juga mobile browser yang support dan tidak support.

8. Webpagetest

http://www.webpagetest.org/

WebPageTest adalah tool gratis yang bisa membantu kamu untuk mengecek speed dan performance dari sebuah website. Tools ini memberikan kamu rating dari beberapa aspek dan memberi tahu aspek mana yang harus kamu perbaiki untuk meningkatkan speed dan performance website tersebut.

9. Lorempixel

http://lorempixel.com/

Lorempixel membantu kamu yang bingung mencari gambar yang akan digunakan di sample design atau mockup website yang akan dibuat. Lorempixel akan memberikan gambar secara ramdom setiap halaman website direload. Selain itu kelebihan yang lain adalah kamu bisa request gambar dengan ukuran yang kamu inginkan.

10. GIT, GITHUB, BITBUCKET

GIt adalah salah satu version control yang paling banyak dipakai sekarang ini. Dengan git bisa membantu kamu untuk membuat kontrol penuh terhadap code yang sedang kamu buat. Git juga mempermudah kamu untuk saling berbagi code dengan orang lain dan tim. Penyedia layanan git yang wajib kamu coba adalah github dan bitbucket.

Itulah 10 tools yang bisa membantu kerjaan kamu para programmer untuk lebih optimal lagi ngodingnya. Jika ada tools lain yang kamu punya bisa share melalui kolom komentar dibawah.

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article