11 cara untuk mengatasi susah tidur

Diantara kita pasti ada dong yang susah banget buat cepet tidur apalagi yang kebiasaan begadang. Contohnya saja orang-orang yang bekerja di bidang IT seperti programmer.

Beban pekerjaan yang banyak kadang-kadang membuat para programmer ini harus lembur dan baru bisa tidur lewat dari jam 12 malam. Kebiasaan ini tentunya tidak bagus untuk kesehatan tubuh jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu besok paginya kalian pasti akan susah untuk bisa bangun pagi.

Tapi tenang saja, disini akan kita share tips-tips untuk kalian yang mengalami susah tidur dan punya kebiasaan begadang sehingga bisa lebih cepat tertidur dengan nyenyak.

1.Pilih warna kamar yang tepat

Tahukah kamu kalau pemilihan warna kamar ternyata mempengaruhi kualitas tidur kamu? Dibawah ini kita akan berikan beberapa warna yang cocok dan tidak cocok untuk warna kamar kamu.

a. Warna Biru

Warna yang menjadi rekomendasi pertama adalah biru. Warna ini bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Secara ilmiah, hal ini dijelaskan karena reseptor khusus pada retina mata yang disebut dengan ganglion paling sensitif terhadap warna biru. Sel ini juga yang bertugas menyampaikan informasi ke otak Anda yang mengontrol tubuh Anda selama 24 jam. Selain itu, warna biru juga identik dikaitkan dengan perasaan tenang.

b. Warna Kuning & Hijau

Warna rekomendasi kedua adalah perpaduan warna kuning dan hijau. Kedua warna ini dapat memberikan kesan cerah untuk kamar kamu.

Dengan kesan cerah otomatis akan timbul perasaan tenang dan nyaman sehingga kamu bisa lebih cepat terlelap.

c. Warna Abu-abu dan coklat

Pemilihan warna-warna yang cenderung gelap tidak disarankan untuk warna kamar kamu. Menurut penelitian, warna gelap dapat mengurangi waktu tidur dan menurunkan kualitas tidur kamu. 

Berdasarkan penelitian, kamar tidur dengan warna abu-abu hanya dapat memberikan jam tidur selama 6 jam 12 menit dan 6 jam 5 menit untuk warna cokelat.

d. Warna Ungu

Warna ungu merupakan warna yang paling tidak cocok untuk kamar tidur, kenapa? 

Hal ini dikarenakan oleh warna ungu yang cenderung terkait dengan hal-hal yang dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan. 

Menurut pendapat Konsultan Terapi warna dan Desain Interior Holistik, Suzy Chiazzari, ungu adalah warna yang bisa merangsang kreativitas dan pikiran bawah sadar. 

Bagi Anda pencinta warna ungu, sebaiknya hindari penggunaan warna ungu di kamar tidur anda.

Jika susah tidur kamu mungkin bisa mulai mengganti warna kamar kamu ke biru atau kuning dan jangan menggunakan warna-warna yang gelap seperti abu ataupun hitam karena malah menurunkan kualitas tidur.

2. Pilih tempat tidur yang nyaman

Tips kedua adalah soal tempat tidur. Kalau tempat tidurnya nyaman tentu saja kita akan lebih cepat tidur bukan? 

Kalau kamu susah tidur mungkin kamu sudah saatnya mengecek apakah kasur kamu sudah terlalu keras atau terlalu lembek? 

Pastikan kasur kamu mampu menompang berat badan kamu dengan pas. 

Cara mengetesnya simpel saja, coba berbaring di kasur dan rasakan apakah tidak ada tekanan tertentu di punggung kamu. Jika rasanya kamu seperti berdiri dan tidak ada tekanan berlebih maka kasur kamu masih bagus. Kalau rasanya agak kurang nyaman mungkin sudah saatnya membeli kasur baru.

3. Kurangi cahaya saat tidur

Tips selanjutnya untuk kamu yang susah tidur adalah dengan mengurangi paparan cahaya di tempat tidur. 

Kamu bisa menggunakan lampu tidur yang redup atau mematikan lampu kamar sama sekali. 

Keadaan kamar yang terang saat tidur memberikan sugesti otak tetap sadar sehingga tidurpun menjadi tidak nyaman.

4. Matikan smartphone dan alat-alat elektronik

Apakah ada dari kalian yang sebelum tidur masih suka main smartphone walau hanya sekedar mengecek sosial media atau stalking mantan? 

Terus adakah yang sampai lupa waktu tiba-tiba saja jam sudah lewat pukul 1 malam dan kamu belum bisa tidur? 

Jika iya, segera hentikan kebiasaan ini. Penggunaan smartphone sebelum tidur bisa menyebabkan susah tidur karena cahaya yang dipancarkan langsung oleh handphone dan barang elektronik bisa mengurangi jumlah Melatonin, sebuah hormon pada otak yang memberitahu informasi bahwa hari sudah gelap atau malam kepada tubuh.

Jadinya kalau kamu masih memakai smartphone sebelum tidur maka akan memberikan sugesti untuk otak agar selalu terjaga yang bisa menyebabkan susah tidur.

5. Rapikan kamar

Coba bayangkan kamu tidur diantara tumpukan pakaian yang berserakan dan juga laptop dengan kabel-kabelnya yang tidak beraturan. 

Kira-kira masih bisakah kamu tidur dengan nyaman? Biasanya hal ini sering dialami oleh anak-anak yang tinggal di kosan terutama cowok-cowok yang malas merapikan kamar.

Beberapa ahli dari University of Havard berpendapat bahwa, kamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25 % dari pada masyarakat umumnya.

Oleh sebab itu, menghilangkan susah tidur juga bisa Anda lakukan dengan merapikan tempat tidur. Seperti merapikan pakaian-pakaian, merapikan sepray tempat tidur, dan lain sebagainya.

6. Atur ventilasi kamar

Sirkulasi udara yang jelek membuat kamar menjadi pengap dan bau. Tentu kondisi ini tidak akan membuat tidur kamu menjadi nyaman. 

Pastikan ada sirkulasi udara yang lancar di kamar kamu. Kamu bisa membuka sedikit jendela sehingga udara segar dan oksigen bisa lancar keluar masuk kamar kamu.

Untuk yang memakai kipas angin, jangan arahkan kipas angin langsung ke arah kalian tidur. Arahkan ke tempat lain yang terpenting adalah menciptakan sirkulasi udara yang lancar sehingga tidur kamu menjadi lebih nyaman.

7. Olahraga yang teratur

Coba kalian ingat-ingat kapan kalian terakhir berolahraga? Kurang berolahraga bisa juga menyebabkan susah tidur. 

Pastikan kalian setidaknya berolahraga 1 x dalam seminggu atau minimal 30 menit sehari. Dengan berolahraga, selain membantu tidur lebih nyenyak juga dapat meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh.

8. Buat jadwal untuk keesokan hari

Terkadang susah tidur disebabkan oleh kurang tenangnya pikiran kita saat pergi ke tempat tidur. 

Biasanya karena ada pekerjaan yang belum selesai dan harus segera diselesaikan. Tipsnya adalah dengan menuliskan semua jadwal kamu dalam satu hari kedepan sehingga kamu tidak akan terbebani oleh perasaan was-was sebelum tidur. 

Sebaiknya kamu tulis semua jadwal dan list pekerjaan kamu di dalam buku catatan kamu dibandingkan dengan membuat catatan digital karena dengan menulis langsung bisa membantu otak untuk lebih santai.

9. Hindari makanan/minuman yang mengandung kafein

Buat kalian yang suka minum kopi, terutama para programmer, kopi adalah teman setiap hari untuk ngoding di depan komputer. 

Tapi jika kalian mengalami susah tidur, ada baiknya kurangi konsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein. Kopi, teh, cola dan beberapa minuman energi mengandung kafein yang dapat meningkatkan tingkat siaga tubuh.

Kalau kalian masih ingin minum kopi misalnya, ada baiknya minum 5-4 jam sebelum kalian ingin tidur.

10. Baca buku sebelum tidur

Tips ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. 

Tapi bagi saya mebaca buku sebelum tidur terbukti ampuh untuk membantu lebih cepat mengantuk. Carilah bacaan yang santai dan membuat rileks. Hindari bacaan dengan topik yang berat sebelum tidur. 

Sebelum membaca juga ada baiknya pastikan posisi tubuh dalam keadaan nyaman.

11. Minum jus alpukat

Minum segelas jus alpukat satu jam sebelum tidur katanya mampu mebuat ngantuk. 

Dikutip dari artikel yang saya dapat di http://greatist.com/grow/best-and-worst-foods-for-… , Alpukat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Entah benar atau tidak, ini memang terbukti pada saya. Biasanya kalau saya minum jus alpukat sebelum tidur, saya jadi lebih cepat mengantuk dan bisa tidur lebih cepat.

Jadi itulah 11 tips yang bisa kamu coba mulai dari sekarang jika ingin tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Tapi yang paling penting adalah selalu menjaga pola tidur kita tetap teratur, hindari terlalu sering begadang, makan makanan yang sehat dan juga rajin berolahraga. Jika kalian sudah mempraktekan tips diatas bisa meresponnya lewat kolom komentar di bawah. 

Please follow and like us:
Tags: insomnia Tips

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article