Belajar Object Oriented dalam PHP untuk pemula

Bagi kamu para programmer yang baru memulai buat ngoding, kalian pasti pernah mendengar tentang object oriented programming. Mungkin kelihatannya ribet karena di Object Oriented Programming (OOP) kamu bakal berkutat dengan yg namanya Class, Fungsi di dalam Class dan yang lainnya. Tapi dengan OOP ini kamu bisa membuat style programming kamu menjadi lebih rapi dan lebih efisien loo. Jadi belajar OOP menurut saya sih adalah sebuah kewajiban programmer.

Mengenal OOP

OOP adalah salah satu programming style dimana kamu para codinger dapat membuat beberapa fungsi-fungsi yang berkaitan ke dalam sebuah class. Jadi bisa mengurangi penulisan code-code yang berulang-ulang dan lebih mudah untuk di maintain nantinya.

“Object-oriented programming is a style of coding that allows developers to group similar tasks into classes.”

Salah satu keuntungan utama dari OOP adalah dengan membuat sebuah fungsi-fungsi dengan tugas tertentu, jika ada sebuah update atau bug di dalam program yang kamu buat, kamu bisa merubah satu fungsi itu saja, tapi bayangkan jika kamu membuat banyak duplicate code di dalam program kamu? Kamu harus mengupdate masing-masing dari code tersebut jika ingin memperbaiki bug atau membuat update tersebut.

Meskipun OOP banyak kelebihannya, tapi juga membuat bingung bagi beberapa programmer khususnya yang baru belajar ngoding karena struktur code yang berbeda dan secara sepintas terlihat lebih rumit dari programming PHP biasa seperti inline code atau yang lainya. Tetapi, kalau kamu sudah belajar nanti, OOP itu sangat mudah dan simple.

Mengenal Object & Class450k

Please follow and like us:
Tags:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article