Cara Jualan Online Yang Terbukti Sukses

Cara jualan online itu mudah, hanya perlu koneksi internet dan smartphone. Anda sudah hidup di jaman yang modern dan murah, tidak seperti saya yang pernah mengalami biaya internet mahal dan komputer pentium 1. Dengan sebuah tablet cina yang memiliki kamera, anda sudah bisa mulai berjualan online di facebook, tokobagus atau kaskus. Jika anda cukup nekat, bisa memulai jualan online tanpa modal. Nah, kali ini saya akan menuliskan tips dan cara jualan online agar laris manis !

BARANG YANG BISA DIJUAL ONLINE

Hampir semua barang bisa dijual secara online. Mulai dari yang murah hingga yang mahal, dari yang beratnya 10 gram hingga yang beratnya 1 Ton. Yang perlu anda lakukan hanyalah menjelaskan produk anda sedetail mungkin. Semakin mahal harus semakin jelas spesifikasinya karena pembelinya semakin cerdas.

Apakah jualan beras di internet bisa pak ? Bisa, tetapi perputarannya lambat karena produk ini bisa di beli dengan mudah. Beli beras online tidak efisien karena anda bisa keluar rumah, berjalan sebentar ke toko kelontong di dekat anda, bayar dan terpenuhilah kebutuhan anda. Proses membeli barang di internet lebih rumit, anda searching dulu dengan google, klik dan lihat lokasi penjualnya. Isi formulir pembelian, isi nama dan alamat pengiriman, transfer lewat internet banking. Penjual memverifikasi pembayaran anda, mengemas beras anda dan mengirimnya. Bisa 1 jam atau mungkin 3 hari baru sampai di rumah anda !

Namun beda jika anda menjual beras secara grosir. Masih ada kemungkinan terjadinya penjualan online. Anggap saja anda salah satu distributor beras Raja Lele di Surabaya. Harga anda relatif murah dibandingkan toko kelontong, stok anda berton-ton beras dan target pasar anda agen dan toko kelontong. Pembeli anda mau melakukan proses pembelian online yang cukup merepotkan tadi karena sepadan dengan nilai transaksi dan keuntungannya.

Saya punya produk susu kedelai buatan sendiri pak ? Bisakah dijual dengan online shop ? Bisa, tetapi tidak akan secepat jual di depan rumah. Tetapi jika karena satu dua alasan anda hanya bisa menjual melalui online, misalnya anda ingin memulai menjadi pengusaha sambil bekerja ikut orang, maka juallah susu kedelai premium. Susu kedelai kualitas terbaik !

Kaos dan baju adalah produk yang paling mudah dijual di online shop. Modelnya banyak, harganya murah; barangnya ringan dan materinya tinggal di kopi-paste. Pembelinya juga banyak demikian pula dengan persaingannya. Namun tetap saja kategori ini tetap diminati oleh pemula. Tapi saya tidak akan masuk di pasar baju online ini karena bukan hobi saya.

Inilah syarat utama agar anda bisa sukses berjualan online. Jual-lah barang yang sesuai dengan minat dan keahlian anda.

Jangan pernah menjual produk yang tidak anda sukai sekalipun pasarnya besar karena anda akan kalah dengan mereka yang mencintai produk tersebut. Penghobi adalah jenis orang yang bahagia sekalipun mereka hanya mendapat untung sedikit dari barang yang dijualnya. Sementara anda memperhitungkan biaya dan keuntungan sebagai barometer bisnis anda. Jika sudah tidak menguntungkan lagi, buat apa berjualan ? Jadi, cepat atau lambat anda akan dipaksa keluar dari persaingan.

Apakah pangsa pasar produk anda termasuk kecil sehingga anda memutuskan untuk mencoba menjual produk lainnya ? Boleh jadi iya, tetapi pada umumnya, pangsa pasar yang kecil lebih memberikan margin yang tinggi. Contohnya adalah iPhone dan Ponsel Cina.

Pangsa pasar Hape Cina luas sekali, mulai dari segmen low end hingga middle end. Sementara konsumen iPhone hanya kalangan menengah atas saja. Keuntungan jualan ponsel cina rata-rata 5% saja. Tiap penjualan satu juta rupiah, kira-kira anda mendapatkan keuntungan 50 ribu rupiah. Sedangkan margin laba iPhone sekitar 20%.

Segmen pasar yang kecil juga berarti tingkat persaingan yang kecil pula karena kebanyakan orang lebih menyukai perputaran yang cepat daripada margin yang tinggi. Kenapa bisa begitu pak ? Karena pada dasarnya orang tidak benar-benar mengerti kelebihan dirinya sendiri dan malas berpikir kreatif. Lebih gampang meniru orang lain yang sukses lebih dulu. Padahal mereka tidak mengerti perjuangan awalnya, lebih menekankan pada kesuksesannya sekarang ini. Padahal pekerjaan yang menghasilkan orang lain belum tentu juga berhasil jika kita yang mengerjakannya.

Tiap orang memiliki keunikannya sendiri, target pasarnya sendiri. Demikian pula dengan sebuah produk. Tidak ada produk untuk semua orang. Setiap barang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar tertentu. Saya akan ambil contoh susu formula bayi karena saya baru saja punya anak kecil.

Di pasar ada merk Enfamil, S-26, BMT, Nutrilon, Bebelac, SGM dan puluhan merk lainnya. Yang milih bingung, yang jual ketika ditanyai tambah membingungkan ! Susu mana yang paling baik mbak ?

“Bapak cari yang merk apa ?” tanyanya kembali. Nggak tau mbak, pokok’e yang paling baik buat anak saya.

“Waduh, mau yang harga berapa pak ? Kita ada yang 30.000 sampe 120.000. Bapak milih sendiri saja. ” Balas si mbak penjual susu. Dieeeng !

Akhirnya saya ambil saja merk Enfamil yang harganya 110.000 rupiah untuk kemasan 400gr. Sebulan kemudian saya merasakan susu Enfamil terlalu mahal buat kocek saya. Saya mencari alternatif susu lainnya. Anak saya sih sudah cocok dengan susu itu, tapi bapaknya gak cocok ^-^’. Proses hunting susu dimulailah.

Pertama-tama saya bandingkan komposisi tiap susu karena kandungannyalah yang paling penting. Merk nomer dua deh. Saya bandingan komposisi S-26 dengan Enfamil, BMT Morinaga dengan Enfamil. Kandungan vitamin dan mineralnya hampir sama, hanya beda 1-2 gram saja. Saya pilih BMT Morinaga karena memiliki AHA dan DHA, sementara di S-26 tidak ada. Harganya lebih murah daripada Enfamil, yaitu 75.000 rupiah untuk kemasan 400gr.

Kenapa kok gak beli SGM saja pak ? Kan lebih murah ? Ya itu dia, istri saya gak setuju. Padahal kandungan vitamin dan mineralnya juga hampir sama dengan Enfamil. SGM harganya sekitar 35 ribu rupiah, jauh lebih murah dibandingkan BMT yang harganya 75 ribu rupiah, amat sangat murah jika dibandingkan dengan Enfamil yang harganya 115.000 rupiah, bisa dapat 3 kotak !

Kami memiliki kemampuan membeli Susu formula bayi merk SGM tetapi tidak memiliki minat untuk membawanya pulang. Sekalipun dikasih promo beli 1 gratis 1 pun kami tidak akan membelinya. Alasannya sederhana, bukan segmen kami. Sama halnya kalo disuruh beli Enfamil, kecuali kalo harganya sama dengan BMT….he…he…he….

Pemahaman segmen pasar untuk produk ini penting jika anda peduli dengan kesuksesan bisnis online karena segmentasi di internet lebih luas daripada di dunia offline. Lebih parah lagi, perbedaan antara closing dengan meleset hanya 1 klik saja.

Pasar dan peluang usahanya besar, namun medianya terbatas, hanya melalui text dan gambar saja. Tidak ada tatap muka, empati ataupun peruasi kata-kata. Jika anda tidak memiliki kemampuan mendeskripsikan keunggulan produk melalui tulisan, maka tingkat keberhasilan anda di dunia online kecil sekali.

Tetapi jangan kuatir karena tekniknya bisa dipelajari. Setelah beberapa kali trial and error anda pasti bisa berjualan online di internet. Saya akan menunjukkan caranya!

Artikel ini di ambil dari forum kaskus:http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004027513/belajar-seo-khusus-newbie/ dengan sedikit modifikasi & tambahan

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article