Cara Promosi Website

Posted on

Setelah website anda jadi, maka buang jauh-jauh pikiran bahwa website anda akan menghasilkan uang dalam hitungan hari ! Selama ini, rekor penjualan paling cepat yang pernah saya alami adalah 2 minggu setelah website selesai. Pembelinya dari luar pulau dan nilai transaksinya diatas 10 juta. Saya tahu karena klien saya cerita, kalo dia gak ngomong ya mana kutahu….syukur deh kalo gitu !

Normalnya, strategi promosi website baru bisa dilakukan tiga bulan setelah online. Data-datanya sudah terkumpul dan google sudah mengkategorikan serta mengurutkan semua halaman web kita. Dari data inilah kita bisa mengetahui kekuatan dan kelemahannya. Kita muncul di halaman pertama dengan keyword apa ? Produk apa yang paling sering muncul di search engine ? Halaman mana yang sering dilihat oleh pengunjung ? Dan siapa pesaing terberat kita dengan keyword yang sama.

Anda salah jika langsung tabrak dengan SEO tanpa terlebih dulu melihat data-data ini. Itu cara yang ngawur ! Jangan harapkan anda bisa menang karena mempunyai lebih banyak peluru. Musuh anda jauh lebih banyak daripada jumlah peluru yang anda punyai. Gugur satu, tumbuh seribu karena barier entry di bisnis online ini terlalu mudah.

Bayangkan saja, hanya dengan 300 ribu setahun orang bisa menjadi pengusaha online. Belum ditambah lagi dengan penjualan gratisan yang menggunakan blogspot atau blogger, wordpress, facebook, dropship blackberry dan toko fisik. Pasar atum, WTC, outlet di Mall dan home industri juga musuh anda !

Setiap halaman website pasti memiliki keyword yang membuatnya muncul di halaman pertama. Masalahnya adalah keywordnya banyak diketikkan orang atau tidak ? Tepat sasaran atau meleset ? Beda satu kata bisa berarti beda traffic. Untuk itu anda butuh kerangka agar tidak keluar dari jalur. Saya biasa menyebut kerangka ini dengan istilah Struktur Website.

Struktur website adalah penggolongan beberapa produk yang sama menjadi satu. Contoh struktur website dapat anda lihat di www.PoolnJacuzzi.com Saya mengkategorikan produk yang dijual menjadi 6 kategori utama yaitu Pompa, Filter, Sanitasi, Lampu, Peralatan dan Jacuzzi. Contoh struktur web lainnya adalah Contrast.co.id. Ada cerita menarik yang mungkin bisa anda pelajari mengenai kasus struktur website Contrast ini.

Contrast adalah website perusahaan jasa advertising di Surabaya yang menjual jasa cetak Flatbed Printing dan Laser Cutting. Dan mesin yang digunakan ini adalah mesin yang sama yang digunakan untuk membuat stampel trodat. Klien saya menghendaki pengkategorian produknya menjadi tiga yaitu Digital Printing, Laser Cutting dan Stempel. Dalam satu web, yaitu www.contrast.co.id. Saya tidak setuju !

Alasan saya adalah Google Panda yang sekarang melihat website secara keseluruhan. Alogaritma terbaru Google ini bisa men-down grade SERP gara-gara konten yang tidak bermutu. Singkatnya, sebuah website yang meng-khususkan di bidang stampel akan diprioritaskan daripada sebuah website yang menjual stempel sekaligus jasa digital printing. Alogaritma google ini ada keuntungan sekaligus kerugiannya, tetapi dalam jangka panjang akan lebih menguntungkan !

Alasan utama Google meng-update sistem ini adalah menghajar website yang mengejar traffic semata-mata. Contohnya web yang menjual tiket pesawat tapi isi kontennya tentang berita terbaru seperti penyerangan di Lapas Sleman, Jokowi-Ahok atau Kematian Ustad Gaul Jeffry. Ini distorsi bagi SERP Google…. dan merugikan sebagian besar pengguna internet. Masa www.jualcctv.com isinya tentang kematian Uztad Jeffry ? Ujung-ujungnya kan mengiklankan cctv mereka ! Siapa sih yang gak mangkel dengan hasil seperti ini ?

Saran saya, sebaiknya website yang menjual jasa cetak segala media dan grafir laser tersebut dipisahkan dengan website yang menjual stampel. Pengunjung bisa bertanya-tanya tentang hubungan digital printing dengan stampel….di mana letak hubungannya ? Ya….bagi anda keduanya berhubungan erat karena menggunakan mesin yang sama. Tetapi itu urusan anda, visitor tidak mau tahu, mereka hanya peduli dengan urusan mereka saja ! Ingatlah kembali kerangka acuan anda dan tujuan membuat website.

Untungnya klien saya setuju dengan saran tersebut. Dan jika kita telaah lebih jauh lagi, proses penjualan stampel dengan jasa grafir itu beda. Menjual jasa lebih rumit daripada menjual produk riil. Target pasar atau visitornya juga beda…orang yang cari stampel ya cari stampel. Dia tidak tertarik dengan grafir laser, plakat acrylic ataupun cetak foto di keramik. Demikian sebaliknya, orang yang sedang mencari plakat acrylic tidak akan mengutak-atik halaman stempel anda !

Anda masih bisa menghubungkan kedua website ini di halaman About Us. Anda ceritakan saja siapa anda dan produk apa yang anda jual…itu lebih baik, lebih tepat sasaran dan lebih SEO friendly. Hanya mereka yang benar-benar tertarik saja yang akan melihat website anda lainnya dan visitor jenis inilah yang mempengaruhi SERP anda, bukan traffic yang asal klik saja. Kabar baiknya, anda tidak perlu membeli hosting lagi karena penyedia layanan ini biasanya menyediakan fasilitas Addons Domain alias Satu Hosting untuk beberapa domain.

Sebenarnya masih banyak poin penting mengenai struktur website yang mau saya bahas, tetapi karena topik utama kita adalah membuat website yang menghasilkan uang maka saya sudahi dulu topik ini dan melanjutkan cara promosi web yang efektif.

FOKUS KEYWORD ANDA BUKAN HIGH TRAFFIC KEYWORD

Ilmu manajemen tertua mengajarkan analisa SWOT yang merupakan singkatan dari Strengh-Weakness-Opportunity-Threat. Artinya setiap website memiliki Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Prinsip KKPA adalah kembangkan kekuatan anda terlebih dulu untuk menciptakan peluang. Setelah itu perbaiki kelemahan anda untuk menghadapi ancaman.

Demikian juga dengan cara memilih keyword yang benar. Analisalah keyword website anda, kata kunci apa yang paling banyak mendatangkan traffic. Sempurnakan dan variasikan keyword itu hingga posisi anda tetap di halaman pertama. Bagaimana jika keyword utama anda ternyata bukan keyword produk yang anda jual ? Pertanyaan saya, mengapa bisa mbleset ?

Dari pengalaman saya, penyebabnya ada dua dari klien atau dari webmasternya. Lebih banyak klien yang minta dibuatkan website, pokoknya bikinkan website ! Harga berapa dan kapan jadi. Masalah product knowledge dan handling objection tidak pernah dibahas. Just do it and shut up ! Sebenarnya klien seperti ini enak tapi saya cenderung kurang bisa menikmati pekerjaannya. Yah…kalau ngomong masalah prinsip itu susah karena sifatnya obyektif. Lagipula target saya adalah hubungan jangka panjang.

Di sisi webmaster, kalau memang berani terima proyek, apalagi berani terima DP, sudah menjadi tanggungjawab dan kewajibannya untuk mengerjakan proyek website itu semaksimal mungkin. Tidak ada kata tidak bisa, tidak dapat data atau alasan-alasan lainnya. Kalau memang kurang sreg, ya jangan diterima dong proyeknya. Terus mengapa anda terima ? Karena kepepet masalah keuangan ? Itu salah ! Salah besar !

Membuat website adalah jenis pekerjaan dari berbagai disiplin ilmu dan salah satunya adalah seni. Biasanya seorang pekerja seni itu idealisme-nya tinggi dan perfeksionis. Saya yakin energi anda akan terkuras habis karena mendengar komentar negatif tentang karya seni anda. Memilih pekerjaan karena kepepet itu malah membuat anda tertekan karena dasarnya sudah salah. Untuk jangka panjang anda pasti akan keluar dari bisnis ini ! Kasihan klien anda jika mereka mau meng-update websitenya. Itu mata pencaharian mereka, hidup mereka dan tulang punggung bagi keluarga mereka.

PoolnJacuzzi.com adalah website yang menjual peralatan kolam renang seperti pompa, filter, chlorine generator, lampu serta semprotan jacuzzi. Seharusnya ketika pengunjung mengetikkan keyword pompa atau keyword filter, PoolnJacuzzi.com berada di halaman pertama. Tetapi kenyataannya tidak, apalagi usia website-nya baru beberapa bulan.

Orang awam pasti langsung membayar jasa SEO untuk keyword pompa kolam renang atau filter kolam renang. Tetapi saya kurang setuju karena sifat SEO itu seperti dopping atau diskon. Begitu memakai jasa SEO, langsung terjadi penjualan. Kalo jasa SEO-nya berhenti, penjualannya langsung anjlok. Terus anda mau sampai kapan bayar jasa SEO ini ? Selamanya ? Bagaimana kalau ada pesaing yang modalnya lebih kuat menyerang website anda ?

Kalau saya lebih memilih fokus di keyword lampu kolam renang dulu karena Google memberikan apresiasi yang lebih baik untuk kategori ini. Ini Strength PoolNJacuzzi. Apa artinya ? Ketika anda menulis artikel, membayar jasa SEO atau strategi lainnya untuk keyword ini maka dampaknya lebih terasa dibandingkan memilih keyword yang bukan kekuatan web anda. Persentase konversinya juga lebih baik, Bounce Rate juga lebih baik, Time On Site juga lebih baik. Pokok’e mengembangkan kelebihan kita jauh lebih menyenangkan ! Dan hal yang paling membahagiakan adalah ROI yang tinggi. Investasi minimal hasil maksimal ! Klien mana yang tidak doyan yang beginian ?

KESIMPULAN

Masih ada banyak cara kreatif untuk mempromosikan website anda. Dan ini adalah salah satunya. Selamat Beraktifitas !

Artikel ini di ambil dari forum kaskus:http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004027513/belajar-seo-khusus-newbie/ dengan sedikit modifikasi & tambahan

Please follow and like us:
Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!


Related Article