PHP – Cara pasang reCAPTCHA di website

reCAPTCHA adalah salah satu produk dari google yang berfungsi untuk mengatasi masalah spamming di website kamu. Untuk saat ini versi paling baru dari reCAPTCHA adalah versi 2.0 dimana disebut juga dengan No CAPTCHA reCAPTCHA yang lebih memudahkan untuk real human melakukan validasi dan lebih menyusahkan bot untuk melakukan spamming. Sedikit video singkat mengenai reCAPTCHA bisa kamu putar di bawah ini:

Nah kali ini kita akan mencoba memasang reCAPTCHA dalam sebuah form website. Adapun scope dari tutorial kita kali ini adalah:

eCAPTCHA adalah salah satu produk dari google yang berfungsi untuk mengatasi masalah spamming di website kamu. Untuk saat ini versi paling baru dari reCAPTCHA adalah versi 2.0 dimana disebut juga dengan No CAPTCHA reCAPTCHA yang lebih memudahkan untuk real human melakukan validasi dan lebih menyusahkan bot untuk melakukan spamming. Sedikit video singkat mengenai reCAPTCHA bisa kamu putar di bawah ini:

Nah kali ini kita akan mencoba memasang reCAPTCHA dalam sebuah form website. Adapun scope dari tutorial kita kali ini adalah:

  1. Memasang reCAPTCHA pada form.
  2. Jika reCAPTCHA berhasil tervalidasi, maka akan menampilkan data yg disubmit lewat form tersebut.
  3. Jika reCAPTCHA tidak berhasil tervalidasi, maka akan menampilkan pesan error .

Namun sebelum itu, kita perlu daftar dulu di situs reCAPTCHA untuk mendapatkan key dan secret yang nanti berguna untuk proses validasi dalam website yang kita buat.

1. Daftar reCAPTCHA

Kamu bisa mengunjungi link berikut: https://www.google.com/recaptcha/intro/index.html dan login dengan menggunakan akun google yang kamu punya untuk mendapatkan api key & secret. Jika kamu sudah login, kamu perlu mengisi form seperti di bawah ini untuk mendaftarkan situs yang kamu punya.


Nah setelah kamu mengisi form tersebut, maka kamu akan mendapatkan site key dan site secret seperti gambar di bawah ini. Catat keduanya karena nanti akan kita gunakan.

2. Install reCAPCTHA PHP client

Kita butuh reCAPTCHA PHP client untuk memproses apakah captcha tersebut valid atau tidak di server side. Kali ini kita akan menggunakan composer untuk menginstall reCAPCTHA PHP client. Jika kamu tidak tahu apa itu composer, kamu bisa cek artikel berikut ini dulu: Hello Composer! Easy Package Management

  • Buat file composer.json di main directory dengan dependency yang kita butuhkan.
{
    "require": {
        "google/recaptcha": "~1.1"
    },
    "config": {
        "preferred-install": "dist"
    },
    "minimum-stability": "dev"
}
  • Kemudian buka cmd atau terminal, lalu ganti directory menuju ke tempat project yang kamu buat. Misalnya : /Application/MAMP/htdocs/recaptcha
  • Di dalam directory tersebut, jalankan perintah composer install dan biarkan composer mendownload library yang kita butuhkan.

3. Buat file form.php

Dalam file form.php ini kita akan menampilkan sebuah form html dengan reCAPTCHA. Dalam file ini kita juga akan memproses hasil submitan dari form tersebut dan memvalidasi apakah captcha yang di submit sudah benar atau tidak.

Buat sebuah form dengan dua buah input untuk nama dan email atau kamu sesuai keinginan kalian seperti contoh di bawah ini:

Please follow and like us:
Tags:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article