Setahun Google Panda – Pinguin

Tahun lalu saya memprediksi efek Google Panda dan Pinguin untuk salah satu website saya akan berakhir pada bulan November dan berbalik arah ke peningkatan traffic. Jika anda baru saja menemukan konsep SEO ini, saya sarankan untuk membaca tulisan sebelumnya, “Sisi Lain Google Panda dan Pinguin” sehingga anda memiliki sudut pandang yang sama dengan saya.

TRAFFIC WEBSITE 2012

Panda dan Pinguin sebenarnya di-launching pada Mei 2011. Seharusnya judulnya dua tahun Google Panda – Pinguin, tetapi saya persempit saja ruang lingkupnya. Toh mengetahui masa lalu tidak akan memperbaiki masa depan website kita sekalipun ada beberapa pelajaran penting yang dapat kita petik dari sejarah. Justru yang lebih penting adalah langkah kita selanjutnya. Apa yang berubah dan dimana letak perubahannya ? Lalu bagaimana menyikapinya ?

Pertama kali terkena Google Panda, saya benar-benar frustasi. Usaha saya selama ini sia-sia. Anda bisa lihat, traffic 14.000/bulan dihajar menjadi 2.500 saja. Siapa yang tidak putus asa ? Tetapi saya tidak menyerah, setiap pengusaha pasti pernah terjatuh. Mereka bangkit kembali, mempelajari letak kesalahannya dan lebih berhati-hati. Dan sebagaimana cerita dongeng, akhirnya mereka sukses dan hidup bahagia (selamanya).

Saya belajar, belajar, belajar dan belajar. Memperbaiki website saya, metani (memeriksa dengan teliti), menghapus hal-hal yang bertentangan dengan google dan melakukan apa yang disukainya. Sebulan, dua bulan, dan bersabar menunggu, akhirnya hasilnya kelihatan. Traffic website saya meningkat dan berlipat. Berarti saya lulus ujian Panda.

Di bulan Mei 2012, website saya terguncang lagi dengan update Pinguin. Karena memiliki keyakinan dengan apa yang sudah saya lakukan selama ini, bahwa saya sudah melakukan apa yang disukai Google dan menjauhkan hal-hal yang bertentangan dengan TOS SEO maka saya tidak terlalu ambil pusing dengan penurunan traffic kali ini. Malahan saya menemukan hal yang menarik.

Lebih mudah menyaring website yang tidak berkualitas daripada website yang berkualitas. Ciri-cirinya, menempatkan banyak iklan above the fold, tidak memiliki konten spesifik dan kebanyakan hasil kopas. Akan lebih mudah membalik prosesnya dan menemukan metode yang tepat untuk menyingkirkan website spam seperti ini. Jika alogaritmanya sudah ketemu maka hukuman akan dilakukan. Go To Hell !!

Dalam proses pembelajaran saya menemukan banyak orang yang hancur hidupnya karena kedua update ini. Tetapi saya rasa itu kesalahan mereka, hanya berpikir jangka pendek saja. Yang penting rangking, yang penting nomer satu, yang penting backlink, yang penting iklannya di klik…..

Mereka melupakan kekesalan pengunjung yang kesasar ke web mereka. “Hei, bukan ini yang aku butuhkan ! Informasi macam apa ini ? Tidak ada gunanya !”

Lebih kasihan lagi orang-orang yang mengiklankan produk mereka melalui Google. Iklan mereka malah muncul di web – web spam seperti ini. Uang yang mereka keluarkan tidak menghasilkan keuntungan. Jadi mereka akhirnya malas menginvestasikan ke Adwords. Kalau diteruskan, maka semua pihak akan mengalami kerugian, investor, Google dan tentunya pengguna internet. Sementara spammer-spammer hidupnya tenang karena rekening mereka terus menerus diisi dollar.

Menurut saya, hasil query google saat ini jauh lebih baik dari setahun atau dua tahun yang lalu sebelum update Panda Pinguin. Memang ada beberapa hasil pencarian yang masih tidak relevan dengan keyword yang kita ketikkan. Tapi saya tahu mereka sedang berpikir keras untuk memperbaiki hal ini. Cepat atau lambat, hasil query google pasti sesuai dengan yang kita butuhkan. Hanya masalah waktu saja !

TEKNIK SEO 2013

Hanya ada dua tips SEO yang bisa saya berikan kepada anda di awal tahun ini :

1. User experience
2. Content is the king

User experience adalah kepuasan pengunjung website. Banyak sekali faktor yang membuat mereka betah di website kita tapi prinsipnya hanya satu. Apa yang sesungguhnya membuat anda puas, maka terapkan itu di website anda.

Betapa menyedihkan melihat orang yang sebenarnya mampu membuat website yang menghasilkan tetapi ternyata memilih membuat website yang basic-nya blog. Lebih mengerikan lagi, barang yang mereka jual itu harganya relatif mahal ! Lah, barang yang murah saja dikemas sedemikian rupa supaya kelihatan mahal eh yang ini malah sebaliknya, barang mahal dikemas jadi murahan. Saya tidak habis berpikir mengapa di internet semuanya serba terbalik.

Content is a king, bukan barang baru pak. Dari dulu sampai sekarang, teknik SEO terbaik adalah konten yang berkualitas. Apa yang dimaksud dengan berkualitas ? Yang jelas informatif dan edukatif. Semua orang tahu itu, tetapi sebenarnya ada satu syarat lagi agar konten kita bisa dikatakan berkualitas. Yaitu sentuhan pribadi.

Memang tulisan anda padat, berisi, jelas, detail dan menjemukan. Tidak ada yang salah dengan memberikan rumus-rumus, angka-angka, kutipan-kutipan para ahli. Tetapi siapa yang bisa berkonsentrasi penuh ketika berhadapan dengan jutaan informasi ? Ya, artikel anda teruji secara ilmiah, tapi saya tidak punya cukup waktu untuk membaca kalimat demi kalimat. Waktu saya untuk website anda hanya 20 detik saja. Jika anda membosankan, saya akan mencari di tempat lain yang lebih menyenangkan hati saya !

Percuma saja membuat artikel yang berbobot tetapi tidak ada pengunjung yang sudi membacanya. Ini saya sebut sebagai konten yang berkualitas namun tidak berkualitas!

Di internet, anda memiliki ruang tak terbatas dan waktu tak terhingga. Gunakan kedua senjata ini dengan bijaksana. Anda memiliki tulisan, foto dan video. Mengapa tidak anda kombinasikan ketiga hal itu untuk membuat suatu konten yang mendidik sekaligus menghibur ? Content is a King, and don’t forget your wish is my command !

KESIMPULAN

Sejarah membuktikan bahwa melawan Google berakibat fatal. Bisa saja website anda selamat melalui Panda atau Pinguin, tetapi sebenarnya ada bom waktu yang siap meledak sewaktu-waktu. Tidak ada jalan pintas di dunia online ! Jangan pernah melupakan hal ini, TIDAK ADA JALAN PINTAS !

Mulailah merancang website perusahaan anda dengan benar, mulailah dengan membuat struktur dan navigasi website anda dan pertimbangkan untuk berinvestasi lebih banyak di disain web. Sukses untuk anda !

Artikel ini di ambil dari forum kaskus:http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004027513/belajar-seo-khusus-newbie/ dengan sedikit modifikasi & tambahan


Please follow and like us:
Tags: google

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article