Bagaimana Cara Menjadi Digital Marketer Dengan Gratis?

03 Oct 2023
4937

Digital Marketing menjadi sebuah industri yang berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Terlebih lagi dengan semua industri yang beralih ke dunia digital. Jadi perlu banyak profesional dalam bidang digital.

Salah satu pekerjaan yang banyak dicari sekarang adalah digital marketer. Digital Marketer adalah seseorang yang memanfaatkan media digital dengan tujuan pemasaran (marketing), mendapatkan pelanggan, menciptakan penjualan (sales), dan meningkatkan brand awareness terhadap suatu brand, produk, ataupun jasa.

Untuk menjadi digital marketing yang handal, ada beberapa langkah-langkah mudah yang bisa anda ikuti yaitu:

1. Menentukan target pasar dan pilihan produk

Target pasar juga bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang menjadi sasaran pebisnis atau pemilik perusahaan agar bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Target pasar adalah langkah awal yang teman-teman tentukan agar bisa membuat konten marketing yang sesuai.

Jangan sampai konten marketing yang dibuat tidak sesuai dengan target pasar tersebut sehingga kegiatan marketing menjadi tidak tepat sasaran.

2. Memilih produk yang menjadi solusi terbaik

Setelah tahu target pasarnya, selanjutnya teman-teman bisa menentukan produk yang sesuai. Teman-teman juga bisa mengubah atau pivot usaha yang dibuat agar sesuai dengan target pasar yang sudah kita tentukan.

3. Membangun website

Website bisa diartikan sebagai toko kamu di dunia digital. Dengan membuat website, anda sudah bisa memajang produk atau jasa usaha kamu dan bisa diakses darimana saja. Ada banyak platform untuk membuat website dengan mudah seperti wordpress ataupun blogspot.

4. Membangun media sosial

Setelah membuat website, lengkapi channel digital marketing dengan membuat dan membangun media sosial seperti instagram, tiktok, youtube ataupun facebook.

Masing-masing sosial media memiliki keunggulannya. Membuat sosial media dapat membantu untuk menjangkau pasar yang lebih luas apalagi dikombinasikan dengan website.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Saat kamu sudah memiliki website dan sosial media yang bagus, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi website dengan SEO dan SEM. Jika kalian ingin mempercepat growth usahanya, bisa juga coba implementasi sosial media ads.

Tips lainnya, jika kamu ingin lebih professional ada baiknya kamu melengkapi skill digital marketing yang sudah dipelajari dengan sertifikat. Ada banyak cara untuk mendapatkan sertifikasi digital marketing baik yang gratis atau berbayar.

Teman-teman bisa googling saja atau bisa memilih  lembaga sertifikasi profesi yang sudah diakui oleh BNSP.

Gimana tertarik belajar digital marketing? Semangat!

#digitalmarketing #sertifikasidigitalmarketing

Artikel Lainnya

Artikel lain yang mungkin menarik juga untuk kamu baca.

Apa itu digital marketing? Manfaat dan jenis-jenis digital marketing

Penjelasan mengenai apa itu digital marketing, jenis-jenis digital marketing dan manfaat dari digital marketing dalam bisnis anda.
Agus Yusida
5 min read 754

Manfaat Belajar Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM

Dunia digital sudah tidak asing bagi kita lagi di tahun 2023. Apa-apa serba digital kan sekarang terlebih lagi dengan perkembangan internet yang sudah menjangkau hampir semua segment masyarakat. Jadi belajar digital marketing sudah menjadi kewajiban bagi pemilik usaha khususnya UMKM
Agus Yusida
5 min read 1379

Cara mendapatkan sertifikasi digital marketing bnsp?

Salah satu syarat yang biasanya dilengkapi agar menjadi profesional dalam sebuah bidang adalah mengikuti sertifikasi dan mendapatkan sertifikat agar lebih diakui oleh industri. Di Indonesia, salah satu lembaga yang bertugas untuk sertifikasi profesi adalah BNSP.
Agus Yusida
5 min read 2291

© 2024