Pengertian PHP, Fungsi dan contohnya.

Halo teman ngide, kali ini kita akan membahas apa itu php, sejarah PHP. fungsi PHP secara umum dan juga istilah lainya yang berkaitan dengan PHP.

Pengertian PHP & Sejarah PHP

PHP adalah bahasa pemrogramman berbasis web yang bisa dikombinasikan dengan HTML, CSS dan Javascript untuk membuat sebuah kesatuan website yang functional.

PHP awalnya diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter”).

Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”. Sampai artikel ini ditulis, PHP sudah menginjak versi 7. Informasi detail PHP bisa dikunjungi di http://www.php.net.

PHP adalah server side programming, jadi PHP ini tugasnya adalah mengurus semua aktifitas di server dan menampilkan hasilnya di client dengan bantuan HTML, dipercantik dengan CSS dan Javascript.

PHP ini berperan dalam pembuatan website yang dinamis, yang bisa di edit kapan saja.

Apa itu server side programming?

Website yang dinamis terdiri dari 2 bagian utama yaitu web server dan client.

Web server berfungsi untuk menyimpan semua file website dan mengolah semua data seperti database atau bisa juga disebut sebagai backend.

Client disini adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses tersebut seperti laptop, komputer, smartphone, tablet dan laiinya.

Dengan bantuan web browser dan internet, hasil dari webserver bisa ditampilkan ke client.

Gambaran mengenai proses server side programming cc:codingnijas

Dan melihat perkembangannya sekarang, PHP masih menjadi salah satu bahasa pemrogramman berbasis web yang paling populer di gunakan.

Dibawah ini adalah data statistik dari w3tech.com. https://w3techs.com/technologies/overview/programming_language

Jadi PHP bisa dikatakan masih akan sangat dibutuhkan, jadi tidak ada salahnya belajar PHP dari sekarang.

Banyak juga terdapat framework PHP yang sangat membantu proses development kamu. Untuk lebih detail tentang apa itu framework, kami bisa cek artikel ini: https://ngide.net/posts/apa-itu-framework-dan-apa-fungsinya

PHP Framework

Contoh Script PHP

PHP bisa langsung di sisipkan di tag HTML. Jadi kenapa PHP juga disebut Scripting Language.

Contoh kali ini kita akan mencoba menampilkan beberapa data produk dengan PHP dengan HTML

<html>
<body>
<table>
<tr><th>No</th><th>Nama Produk</th></tr>
<?php
for($i=1;$i++;$i<=10){
?>
<tr>
<td>
<?php echo $i?>
</td>
<td>
Produk No <?php echo $i?>
</td>
</tr>
<?php
}
?>
</table>
</body>
</html>

Jika script di atas dijalankan di web server, maka akan menampilkan seperti di bawah ini.

Hasil sample.php

Dengan bantuan PHP kita bisa melakukan perulangan data dengan mudah, jadi tidak perlu lagi menulis semua produk tersebut satu persatu.

Ada masih banyak lagi fitur dan fungsi PHP lainya seperti mengolah Database, management Session, cookies. Nanti kita akan bahas dasar PHP di artikel lainnnya.

Website Populer yang menggunakan PHP

Webiste besar yang menggunakan PHP

Dengan kepopuleran PHP, banyak website besar yang masih menggunakan PHP dalam sistem mereka. Diantaranya:

  1. Facebook
  2. Wikipedia
  3. Mt. Gox (now gone)
  4. Flickr
  5. Yahoo!
  6. iStockPhoto
  7. Tumblr
  8. WordPress.com
  9. Mailchimp

PHP VS Bahasa Scripting Server-Side

Berikut adalah perbandingan antara PHP dengan dengan bahasa scripting server-side lainnya seperti ASP – Active Server Pages, JSP – Java Server Pages, CFML – Cold Markup language. Dari situ kamu akan tahu tentang perbandingan antara bahasa scripting PHP dengan Bahsa Scripting lainnya.

Perbandingan PHP dengan bahasa pemrograman lainnya
PERBANDINGAN PHP DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN LAINNYA

Istilah yang berhubungan dengan PHP

Web Development

Untuk membangun sebuah website, PHP harus di gabungkan bahasa laiinya. Apa saja mereka?

HTML

HTML adalah singkatan Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa markup standar yang digunakan untuk menampilkan informasi di internet.

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990 dengan tujuan pertama untuk memudahkan ilmuwan untuk mengakses dokumen antara ilmuwan. Sejak saat itu HTML terus berkembang sampai dengan saat ini menjadi pondasi dari website-website yang ada pada saat ini.

CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. CSS adalah markup yang digunakan untuk mengatur style di dalam website atau bisa disebut dengan kumpulan kode-kode yang berfungsi untuk mengatur tampilan/layout halaman web supaya terlihat lebih menarik oleh pengunjung.

Jadi website kamu bisa memiliki warna, font yang berbeda-beda, border dan lainya. Nah untuk mengatur tampilan ini adalah tugas dari CSS.

Javascript

Javascript adalah salah satu bahasa pemrogaramman yang sedang naik daun akhir-akhir ini karena tidak hanya bisa erjalan di sisi client, tapi juga bisa digunakan di sisi server.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang menjadikan website Anda lebih hidup dan menarik. Bahasa ini berbeda dari HTML (yang mengatur konten) dan CSS (yang mengelola layout). Javacript dapat digunakan untuk membuat berbagai macam event untuk membantu mendapatkan UI yang diinginkan.

MySQL

MySQL adalah salah satu sistem manajement SQL yang bersifat open source. Sedangkan SQL adalah Structured Query Language. jadi MySQL dan SQL ini berbeda ya.

Dengan MySQL, PHP bisa melakukan pengolahan data di dalam database. Biasanya proses ini disebut CRUD yaitu Create, Update, Delete.

Kesimpulan

PHP adalah sebuah bahasa pemogramman yang bisa digunakan untuk membuat website dengan dipadukan HTML, CSS, Javascipt dan MySQL sehingga bisa menghasilkan sebuah website yang menarik, interaktif dan dinamis.

PHP adalah salah satu bahasa pemrogramman yang bisa dibilang wajib untuk dipelajari karena memiliki kelebihan seperti:

  1. Mudah dipelajari
  2. Ada banyak tutorial dan dukungan komunitas yang sangat besar.
  3. Ada banyak sekali lowongan pekerjaan sebagai PHP programmer
  4. PHP masih sebagai bahasa pemogramman yang paling banyak dipakai untuk membuat website sampai saat ini. Jadi masa depan masih cerah.
  5. Ada banyak PHP framework dan CMS yang bisa mempercepat proses development kamu.

Sekian artikel tentang apa itu PHP, fungsi, dan sejarahnya. Semoga artikel tentang PHP ini bisa bermanfaat untuk semua.

Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa join group sharing di telegram group: https://t.me/ngidegroup

Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

You May Also Like

Tutorial PHP - Belajar membuat login & logout sederhana dengan php

Belajar PHP – Cara membuat login dan logout sederhana dalam PHP

Join Group Telegram Kami

Telegram Group

Like our facebook page