Apa itu voice over internet protocol atau VoIP? Voice over internet protocol adalah teknologi yang menggunakan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.

Voice over internet protocol adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah signal suara yang analog menjadi signal digital dan dikirimkan melalui jaringan internet secara real time.

Teknologi VoIP ini jauh lebih murah dan menguntungkan dibandingkan dengan teknologi telepon traditional karena jaringan internet atau IP bersifat global. Teknologi VoIP juga bisa digunakan di sembarangan ethernet dan IP address.

Sejarah VoIP

Bagaimana sejarah ditemukannya Voice Over Internet Procol?

Tahun 2000 VoIP Merdekaā€¯ yang dicetuskan oleh pakar internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet(APJII).

Tahun 2005 Di tahun 2005, Anton Raharja dan tim dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.

Cara kerja voice over internet protocol

Cara kerja VoIP
Cara kerja VoIP

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.

Cara kerja VoIP sederhana dari gambar di atas adalah sebagai berikut :

  1. Komputer klien-1 melakukan dial ke komputer klien-2 dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh server IPBX
  2. Komputer klien-2 menerima panggilan dari komputr klien-1
  3. Mikrofon klien-1 menangkap gelombang suara dari user 1 (pengirim)
  4. Gelombang suara tersebut dibuah menjadi paket data dgital
  5. Kemudian dikirim ke server IPBX melalui hub
  6. Setelah itu diteruskan oleh IPBX ke klien-2 melalui Hub
  7. Paket data digital tersebut akan diubah menjadi data analog, sehingga akan menjadi gelombang suara yang akan dikeluarkan melalui speaker di klien-2

Apa itu IP PBX

IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.

Protocol Penunjang VoIp

Untuk bisa berfungsi dengan baik, VoIP membutuhkan bantuan dari protocl internet lainnya. Protokol penunjang VoIP diantaranya :

1. TCP/IP (Tansfer Control Protocol / Internet Protocol) TCP/IP merupakan sebuah protocol yang digunakan pada jaringan internet. Standarisasi diperlukan agar antar komputer terjadi kesepakatan tentang tata cara pengiriman dan penerimaan data sehingga dapat dikirim dan diterima dengan benar.

2. SIP (Session Initiation Protocol) SIP adalah suatu protokol signalling pada layar aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sementara Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video dan teks.

3. H.323 VoIP dapat berkomunikasi dengan sistem lain yang beroperasi pada jaringan packet switch. Agar bisa berkomunikasi, dibutuhkan suatu standarisasi sistem komunikasi yang kompetible satu sama lain. Salah satu standar komunikasi pada VoIP menurut ITU-T adalah H.323. Standar H.323 terdiri dari komponen protokol dan prosedur yang menyediakan komunikasi multimedia melalui jaringan berbasis paket. Contohnya adalah Internet PAcket Exchange (IPX)

Aplikasi VoIP

Contoh aplikasi yang mengimplementasikan VoIp ada banyak sekali. Apalagi semenjak banyak aktifitas work from home yang menuntup kita untuk berkomunikasi tanpa bertatap muka. Berikut adalah aplikasi VoIP yang dapat digunakan :

a. Skype Saat ini aplikasi VoIP yang banyak digunakan masyarakat salah satunya adalah Skype, Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Skype menggunakan protocol HTTP (Hyper Teks Transfer Protokol) untuk saling berkomunikasi.

b. Netmeeting NetMeeting adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft, yang merupakan salah satu aplikasi pendukung VoIP dan juga Video Confrence. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk video dan audio confrence. Netmeeting memerlukan registrasi berupa Username dan Password agar dapat saling berkomunikasi.

c. Xite X-lite adalah sebuah aplikasi open source pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol). X-Lite versi 3 kini sudah memiliki fitur suara dan video sehingga lebih kaya fitur dan bila sobat ingin menggunakan aplikasi VoIP, X-lite inilah yang lebih sederhana dan tidak berbayar.

d. Zoom Meeting Zoom adalah sebuah aplikasi open source pendukung VoIP yang bisa kamu gunakan untuk mengirim suara maupun video.

e. Google Meet Aplikasi google meet merupakan salah satu aplikasi yang menerapkan VoIP. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan panggilan suara dan juga video.

Kelebihan VoIP

Lalu apa saja kelebihan dari VoIP dibandingakan dengan teknologi lainnya?

  1. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.

  2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan/kampus sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak perlu melakukan penarikan kabel telfon dan juga tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.

  3. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada (Integrasi). Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor/kampus. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.

  4. Variasi penggunaan peralatan yang ada, contoh dengan menggunakan PC, Handphone, Telfon Analog, IP Phone.

  5. Managemen berbasis web based, jadi memungkinkan untuk melakukan konfigurasi dari mana saja jika terkoneksi dengan internet.

  6. Dynmic Call Routing, jika menggunakan Line Telkom dan FWT GSM ataupun CDMA kita dapat merouting panggilan keluar jika nomor local maka otomatis menggunakan line Telkom, jika nomor CMDA maka otomatis menggunakan line CDMA jika nomor GSM maka otomatis menggunakan line GSM. Jadi biaya panggilan akan menjadi lebih murah.

  7. Jika diterapkan dikampus/disekolah dapat dijadikan media pembelajaran untuk mahasiswa.

Kekurangan VoIp

Teklogi VoIP tidaklah sempurna. VoIP juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya:

  1. Terkadang kualitas suara tidak sejernih PSTN (Telepon), ini biasanya dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil.
  2. Terdapat sedikit jeda atau delay dalam berkomunikasi jika koneksi internet sedang tidak bagus.
  3. Regulasi pemerintah adanya pembatasan pengguna VoIP untuk dihubungkan dengan telepon
  4. Investasi perangkan yang cukup mahal.

Namun jika melihat kelebihannya, kekurangan ini tentu sangat kecil dibandingkan dengan keuntungan yang kita dapatkan.

Nah itulah pembahasan mendetail tentang apa itu Voice Over Internet Protocol. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaan untuk kamu ya.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP