5 image & video hosting gratis untuk kamu coba para web developer

Kisah ini dimulai minggu lalu, saat iseng-iseng untuk mencari beberapa website yang khusus menyediakan layanan berupa image & video hosting. Sebenarnya kalau googling, sudah pasti banyak banget ada pilihan nya. Tapi buat saya yang keuangannya rada minus, tentu ada beberapa kriteria tertentu:

  1. Harus bagus
  2. Harus ada API untuk upload dan image management nya.
  3. Kemudian yang paling penting sih ada pilihan gratisannya jadi worth it buat di coba-coba dulu.

Setelah dicoba satu persatu, saya ada 5 pilihan yang mungkin bisa jadi referensi buat kamu yg lagi buat project, khususnya web development:

Imgur.com

Imgur.com adalah sebuah website yang bisa kamu gunakan untuk berbagi file gambar seperti GIF, MEME ataupun gambar apa saja yang kamu punya. Nah untuk menggunakan layanan ini, kamu bisa langsung meng-upload gambar dengan ataupun tanpa login terlebih dahulu. Menurut saya, fitur-fitur yang disediakan oleh imgur.com ini cukup lengkap. Kamu bisa mengupload gambar, baik itu file dari komputer kamu langsung ataupun gambar yang berupa link dari website lain.Nah yang paling penting, imgur.com menyediakan API buat kalian para developer untuk diintegrasikan dengan aplikasi yang kamu buat sehingga bisa langsung upload ke imgur server tanpa harus lewat websitenya. Kalian bisa coba register dulu untuk mendapatkan api key & secret nya ya. Habis itu kalian bisa baca-baca dokumentasi api-nya di: http://api.imgur.com . Jika kalian butuh library (khusus PHP) bisa coba cek berikut ini:

Kalau imgur.com tadi adalah website untuk berbagi file gambar, beda lagi dengan cloudinary.com. Cloudinary.com lebih condong kepada image management berbasis cloud, jadi bisa dibilang cloudinary ini menyediakan layanan yang memang khusus untuk membantu para developer untuk menyimpan gambar & video mereka di cloud. Namun tidak hanya menyimpan gambar saja, cloudinary juga memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk image management seperti resize, cut, filter dan banyak lagi. Pokoknya sudah lengkap tinggal pakai saja gais. Nah kalau kamu programmer yang butuh hosting untuk gambar-gambar project kamu, ini bisa jadi salah satu recommended layanan gratisan buat kamu ya.Beneran gratis? Cloudinary.com menyediakan paket yg FREE buat kamu untuk 75,000 total gambar & video, 7,500 transformation perbulan, 2 GB Managed Storage dan 5 GB Monthly Net Viewing Bandwidth. Jadi cukup worth it pokoknya buat gratisan dengan fitur kaya gitu dan speed access yang lumayan ngebut. Tapi kalau sudah puas dan butuh storage yang lebih besar, ya silakan bayar ya bro.Nah untuk tau lebih lanjut mengenai API & programming resourcenya, saya sudah buatin listnya di bawah ini:

Kalau flickr.com hampir mirip dengan imgur.com. Flickr.com ini free service dan merupakan salah satu produk dari Yahoo Company. Jadi dengan flickr kamu bisa sharing gambar secara gratis dengan orang lain. Cukup dengan memiliki akun yahoo untuk login, kamu sudah bisa mulai upload gambar & share ke temen-temen kamu ya. Nah yang paling penting buat saya adalah tetap adanya API dan dokumentasi yang jelas sehingga kita bisa upload gambar tanpa melalui websitenya flickr dulu. Untuk kumpulan resource saya sudah list siapa tau kita nanti butuh:

Amazon S3

Kenapa Amazon S3 masuk dalam list ini? Ya karena Amazon S3 menyediakan free tier untuk 1 tahun pertama dengan limit yang cukup besar. Jadi jika kalian sudah melewati free limit usage-nya ya harus bayar sih (Katanya sih cukup murah karena bayar sesuai yang kita pakai). Tapi rasanya kalau untuk tujuan development ga akan melewati limit yg gratisan nya kok gais. Amazon S3 sudah pasti reliable dan recommended ya untuk dijadikan sebagai storage gambar & video project kamu. Apalagi kalau memang untuk tujuan bisnis, kamu bisa menggabungkannya dengan service lain seperti Amazon Cloudfront jika kamu butuh CDN sehingga file-file kamu lebih cepat di akses sesuai dengan lokasi dari network pengaksesnya. Selain itu, dari segi keamanan data juga menjanjikan dan bisa dibuatin backup ( pakai versioning bucket.. cmiiw..) Saya akan list untuk beberapa resource yang bisa kamu kira-kira butuhkan:

Dropbox

Last but not least, saya rekomendasikan dropbox. Walaupun sebenarnya tidak direkomendasikan untuk jadi image hosting, tapi kalau untuk tujuan development, rasanya tidak salah memakai dropbox untuk meng-host image & video kamu. Dengan storage gratisan yang lumayan gede, terus dropbox juga ada API yang lengkap, jadi kita bisa leluasa untuk upload file langsung ke akun dropbox melalui aplikasi yang kita buat. Langsung aja cek resource-nya ya:

Jadi kira-kira list beberapa image hosting gratisan yang bisa kamu coba integrasikan di project kamu ya. Oh ya, contohnya di atas saya kasi resource khusus PHP karena taunya itu doang, tapi untuk bahasa pemrograman lain bisa cek langsung ke website nya masing-masing ya, karena biasanya disediakan juga masing-masing SDK-nya. Jadi apa selanjutnya nih? Artikel selanjutnya mungkin kita akan buat contoh tutorial bagaimana cara mengintegrasikan masing-masing service di atas di project kamu, khususnya dalam PHP ya. Happy reading!

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article