Cara Membuat Website Yang Menghasilkan

Apa tujuan anda membuat website ? Menghasilkan uang atau mendatangkan pengunjung ? Tutorial membuat website yang banyak anda temukan di internet umumnya berhenti di titik meningkatkan traffic website. Itulah sebabnya anda kapok dengan segala sesuatu yang mengandung kata web, seperti promosi web, struktur web atau SEO. Mana hasilnya ? Katanya cara ini adalah cara terbaik menghasilkan uang melalui web ! Kok selama bertahun-tahun ini rugi melulu ! Amsiong deh !

TRAFFIC DAN KONVERSI

Traffic adalah jumlah pengunjung yang masuk ke website anda melalui tiga sumber. Melalui Search Engine seperti Google dan Yahoo. Sumber kedua adalah refferal link seperti komentar yang anda tulis di blog orang lain, dari wordpress gratisan yang anda buat sendiri atau melalui jasa iklan adsense. Sumber traffic ketiga adalah direct address atau link yang anda sebar melalui brosur, kartu nama atau papan nama di depan rumah anda. Intinya, direct traffic adalah orang yang langsung mengetikkan www.perusahaananda.com di browser internet mereka.

Sedangkan konversi adalah persentase jumlah pengunjung yang membeli dari anda. Jika 10 dari 100 pengunjung membeli dari anda, maka konversi website anda adalah 10%.

Jangan senang dulu memiliki traffic website yang besar sebelum anda melihat nilai konversinya. Jika konversi anda 10% artinya 1 dari 10 pengunjung website membeli dari anda, atau bisa juga 100 dari 1.000 pengunjung berubah menjadi pelanggan anda. Sebaliknya, jika anda hanya memakai patokan visitor saja maka anda tidak bisa mengetahui tingkat kesuksesan website. Traffic saya 10.000 perbulan…wik ! Keren ! Terus yang beli berapa ? Gak ada yang beli mas ! ^-^’….

Percuma saja anda membayar jasa SEO yang mahal kalau tingkat konversi anda rendah. Apakah mereka peduli dengan tingkat penjualan anda ? Tidak ! Yang mereka pentingkan adalah memunculkan nama website anda di halaman pertama, urutan pertama. Soal laku atau tidak laku itu gak ada hubungannya. Yang nyuruh kan anda sendiri, pokok’e aku minta website muncul di peringkat pertama dengan keyword “xxx” !

Jadi, setelah website anda muncul di halaman pertama dan peringkat pertama maka traffic anda akan meningkat beberapa kali lipat ! Senangnya ! Otak anda mulai menghitung uang yang akan datang….Pokok’e traffic tinggi, penjualan pasti tinggi juga. Benarkah demikian ? Anda sajalah yang menilainya !

Lain halnya jika konversi anda yang tinggi. Peningkatan traffic sebesar 10% saja efeknya sudah terasa, apalagi kalau naiknya 100%…bisa semaput karena kecapaian anda. Perhitungannya begini: 100 dari 1000 pengunjung membeli dari anda. Kemudian anda meng-SEO-kan website anda dan terjadi peningkatan traffic sebanyak 50%. Maka sekarang jumlah pengunjung anda adalah 1.500 orang dan yang membeli dari anda meningkat menjadi 150 orang.

Berapa persen kenaikan penjualan anda ? 50% juga ! Sekarang, the best part-nya. Jauh lebih mudah meningkatkan traffic sebanyak 50% dan jauh lebih murah biaya SEO-nya. Dan konversi yang baik umumnya memiliki efek berantai. Semakin banyak yang beli, semakin kuat domain authority-nya, semakin rendah bounce rate-nya dan semakin tinggi Time on site-nya. Artinya…pelan tapi pasti, peringkat anda di Google akan naik. Posisi anda ditopang dengan dasar yang kuat sehingga semakin lama semakin kokoh.

Anda tidak perlu lagi men-dopping website anda agar tetap di halaman pertama. Pengguna internet telah jatuh cinta dengan website anda, dan mulut mereka senantiasa mengiklankan www.domainanda.com kepada teman yang membutuhkan produk anda….gratis ! Untuk selamanya !

Sayangnya….sungguh ter-la-lu ! Terlalu banyak orang yang mau cepat nomer satu di Google sehingga menggunakan cara jangka pendek untuk efek jangka panjang. Selama saya bekerja di bidang pembuatan website ini, tidak pernah menemukan satu website yang berhasil mempertahankan cara jangka pendek untuk mendapatkan efek jangka panjang. Kecuali mereka kuat modalnya !

CARA MEMBUAT WEBSITE YANG MENGHASILKAN

Anda harus jujur dengan diri anda sendiri. Tanyakan dan jawab apa tujuan anda membuat website ? Apakah anda benar-benar tahu caranya menghasilkan uang melalui website ? Apakah anda yakin jasa pembuatan website murah itu lebih baik daripada yang mahal ? Apa kriterianya jasa pembuat website yang benar-benar profesional ? Dan apakah pilihan saya sudah tepat ?

Jika tujuan anda membuat web itu untuk mendapatkan uang, maka anda perlu persiapan. Anggap saja anda akan berperang melawan pasukan musuh di medan yang tidak anda kenal. Anda butuh senjata untuk melawan mereka, anda butuh partner untuk melindungi dan membantu anda dan anda juga butuh informasi mengenai lawan anda. Siapakah lawan yang akan anda hadapi ? Apa kekuatannya dan apa kelemahannya ? Di titik mana saya bisa menyerangnya dan senjata apa yang akan saya gunakan. Terakhir, berapa lama perang ini akan berlangsung dan bagaimana strategi secara keseluruhan ?

Jika anda berniat menang perang atau membuat website yang menghasilkan. Maka anda harus melakukan semua yang saya sebutkan di atas tadi. Kabar baiknya, proses perencanaan tadi sudah ada draftnya. Awal tahun 2012 lalu saya membuat Rencana Kerja Membuat Website dalam bentuk pdf yang bisa anda download gratis. Dan jika anda benar-benar buta sama sekali tentang dunia online, silahkan download juga Panduan Membuat Website yang saya buat akhir tahun 2011.

Kedua tutorial pdf tadi itu bukan tugas akhirnya. Lima Langkah Membuat Website itu baru langkah pertama dari puluhan langkah yang harus anda tempuh. Jadi masih awal sekali. Karena itu jika anda hanya membuat website yang sifatnya coba-coba saja, lebih baik sudahi saja membaca tulisan ini karena saya tidak akan pernah memberikan tips instan kepada anda. Saya memaksa anda untuk belajar membuat website dari dasarnya. Sebab hanya cara itulah yang terbukti menghasilkan untuk jangka panjang. Saya peduli dengan keberhasilan klien saya karena itu saya tidak pernah melakukan hal-hal yang bisa membahayakan website perusahaan mereka di masa mendatang.

Jadi pada intinya ada 2 langkah besar dalam membuat website yang menghasilkan, yaitu :

1. Proses pembuatan website
2. Promosi website

Dan yang kita bicarakan dari tadi itu masih di langkah pertama. Termasuk membaca dan mengisi rencana kerja website. Dari pengalaman saya, orang yang pernah pakai jasa pembuatan website lainnya pun akan kesulitan mengisi form rencana kerja tadi…ha…ha…ha….Masa sih sesulit itu ? Saya sendiri juga bingung…. padahal isinya mendasar sekali dan sudah ada gambar-gambarnya. Paling tidak anda membutuhkan waktu seminggu untuk mengisi draft rencana kerja buatan saya.

Saya belum ngomong materi dan isi website dalam kedua draft tadi. Dan topik ini saya lewati dulu agar anda tidak tambah pusing ketika mendengar kata “Konsep Website.” One day at a time… kata Jason Statham

Lamanya waktu pembuatan website itu 15 – 30 hari. Dengan catatan materinya lengkap. Saya tidak bisa menyiapkan disain website sebelum mempelajari produk anda karena harus ada keserasian warna, strukur web dan kategori produk. Ketiga hal ini penting untuk memudahkan pengunjung menemukan produk yang dicarinya. Dan yang lebih penting lagi adalah kredibilitas website itu sendiri. Prinsip dasar perdagangan adalah kepercayaan dan faktor itu harus diwujudkan dengan disain website yang meyakinkan. Apalagi jika produk anda harganya jutaan rupiah atau jasa yang sifatnya abstrak.

Secara sederhana, konsep website adalah cara menjual yang divisualkan dalam bentuk gambar dan kalimat. Jadi, sekarang jelaskan kepada saya proses penjualan hingga closing-nya. Maka saya akan buatkan anda website yang menghasilkan uang !

Artikel ini di ambil dari forum kaskus:http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004027513/belajar-seo-khusus-newbie/ dengan sedikit modifikasi & tambahan

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article