Hubungan Struktur Website dengan SEO

Banyak orang mencari cara SEO terbaik di Google, berharap menemukan rahasia SEO yang akan melejitkan traffic dan penjualan produknya, menerapkan tips-tips SEO yang mereka temukan di blogspot maupun wordpress gratisan dan kecewa dengan hasilnya karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka tenggelam dalam kebingungan tentang backlink, meta tag, alexa, PR dan segala tetek bengek lainnya namun melupakan tentang struktur website mereka sendiri. Ironis sekali melihat orang mengandalkan faktor eksternal yang tidak dapat dikontrol dan melupakan faktor SEO internal yang dapat mereka kendalikan. Jadi apa yang harus kita lakukan ?

ATURAN DASAR SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik dan seni untuk membuat setiap halaman website kita dikenali oleh mesin pencari dan dimasukkan ke database mereka sesuai dengan sistem peng-index-an mereka. Ada tiga poin yang harus anda camkan baik-baik:

  1. Teknik
  2. Seni
  3. Database Search Engine

SEO adalah teknik karena membutuhkan perhitungan, pengamatan dan analisa data seperti tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian dan lainnya. Banyak sekali orang yang menulis tentang teknik SEO ini. Dan artikel saya kali ini memfokuskan pada faktor struktur website yang masuk kategori teknik. SEO juga seni karena teknik yang sama pada kasus yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Tips SEO dari Master SEO A berhasil di terapkan di website A tetapi gagal total pada website B atau C. Kenapa ? Ya itulah yang disebut dengan seni, beda ramuan sedikit saja rasanya bisa berbeda jauh. Beda orang, sekalipun sama-sama satu perusahaan, akan berbeda pula hasilnya. SEO adalah personal skill, tidak ada standar yang ampuh untuk semua permasalahan.

Parahnya, banyak sekali Jasa SEO profesional yang hantam rata setiap kasus. Idealnya, setiap halaman pada website anda memiliki keyword sendiri. Halaman A untuk keyword A, halaman B untuk keyword B dan halaman C untuk keyword C. Tapi demi keberhasilan SEO-nya, mereka memaksa semua halaman website anda ke golden keyword yang anda minta. Jadinya halaman A,B,C menggunakan keyword A semua. Apakah cara ini bisa berhasil ? Bisa sekali, tapi ketika pasar berubah, maka Goodbye my friend !

Beberapa jasa SEO murahan menggunakan “keyword panas” untuk mendatangkan traffic tidak potensial ke website klien mereka. Tiba-tiba saja traffic website anda melonjak (demikian pula dengan bounce rate-nya) dan mata anda menghijau melihat keuntungan yang di depan mata. Tetapi setelah beberapa bulan tidak ada yang beli. Mengapa ?

Karena anda melupakan poin ketiga dari dasar SEO, yaitu database Search Engine. Website perusahaan anda masuk di kategori yang salah. Anda jualan pompa air, tetapi munculnya di gosip artis. Anda jualan tas, tetapi munculnya di tips kecantikan. Mana ada yang tertarik dengan produk anda karena bukan itu yang mereka harapkan. Jika salah kategori ini tidak sengaja tidak apa-apa, tetapi jika merupakan kesengajaan maka apa tujuannya ? Apakah anda berpikir “siapa tahu ada yang kecantol ?”

Saya kasih tau ya mas bro, bahkan website dengan kategori yang benar, disain yang meyakinkan, keyword yang tepat dan Call to Action yang sempurna pun tidak semerta-merta menghasilkan penjualan. Apalagi anda – anda yang segmen pasarnya salah ? Coba pikirkan sekali lagi, apa gunanya traffic tinggi jika tidak menghasilkan penjualan ?

Kabar baiknya, SEO itu sebenarnya mudah. Tanamkan di kepala anda dalam-dalam bahwa SEO adalah suatu usaha untuk membuat web kita ditemukan oleh orang yang tepat. Demi tercapainya tujuan itu, bantulah Search Engine mengenali topik dan konten website perusahaan anda dengan merancang struktur website yang baik dan benar.

STRUKTUR WEBSITE YANG BAIK

Setelah Update Google Panda dan Google Pinguin, aturan SEO sedikit diketatkan. Sebenarnya aturan SEO dari dulu, sekarang dan kedepannya tetap sama, yaitu menampilkan hasil pencarian yang relevan. Jika orang mencari tentang pompa air, yang keluar di SERP segala sesuatu tentang pompa air. Jika orang mencari informasi tentang Kamera CCTV, maka hasilnya ya tentang kamera CCTV ini.

Sebuah website peralatan kolam renang seharusnya berisi tentang pompa kolam renang, filter kolam renang, lampu kolam renang, return inlet, sunction head, sikat lumut dan kaporit. Apakah yang akan terjadi jika anda menambahkan konten baru yang berisi tentang sprei, selimut dan bedcover ?

Sebelum Panda dan Pinguin, aneka ragam produk dalam satu website ini tidak memiliki efek samping terhadap SERP. Artinya website anda bisa muncul di halaman pertama untuk kategori sprei maupun kategori pompa air karena Google tidak melihat secara keseluruhan atau tema utama website anda. Karena itulah banyak muncul EMD atau Exact Match Domain yang ujung-ujungnya nyepam. PompaKolamRenang.com, SpreiBedcover.com, KameraCCTV.Com dan generik dot kom dot kom lainnya.

Nah, setelah update alogaritma ini, konten mempengaruhi SERP. Sebuah website yang isinya tentang peralatan kolam renang saja akan memiliki peluang lebih tinggi daripada website lainnya yang berisi tentang kolam renang dan sprei. Website yang menjual peralatan kolam renang, sprei, komputer dan blackberry akan kalah dengan website yang hanya menjual peralatan kolam renang dan sprei saja.

Ketika Google mengkategorikan website anda di bagian sprei, padahal anda menjual sprei dan pompa kolam renang, maka secara otomatis kategori kolam renang anda akan terdown-grade sedangkan kategori sprei anda akan semakin sering dimunculkan di SERP. Intinya, sebuah website yang spesifik lebih kuat daripada website yang general. Nah, bagaimana kalau saya berkonsentrasi di dua bidang itu, apakah saya bisa muncul di halaman pertama untuk kedua kategori tadi pak ?

Bisa, pasti bisa ! Di mana ada kemauan di situ ada jalan ! Tetapi jangan lupakan tingkat persaingannya dong ! Ketahuilah bahwa ada banyak orang yang fokus di salah satu bidang yang anda geluti. Ada ratusan orang yang hanya menjual sprei saja, ada ribuan orang yang hanya menjual peralatan kolam renang seperti anda. Bisakah anda menang melawan orang-orang yang fokus ini ? Percayalah, mereka lawan yang tangguh ! Lagipula, berapa persen orang yang mau membeli sprei dan pompa kolam renang sekaligus ?

Bisnis internet tidak ada aji mumpung atau istilah bek-bek’e. Semua bisnis itu direncanakan dan dihitung . Gak ada bisnis yang asal-asalan bisa berhasil. Bisnis asal-asalan ya hasilnya asal-asalan. Nek gak percaya ya cobaen sendiri, toh yang untung maupun rugi ya anda sendiri. Saya hanya membagikan pengalaman dan kesalahan saya agar anda tidak terjatuh dalam lubang yang pernah saya jatuhi.

Artikel ini di ambil dari forum kaskus:http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004027513/belajar-seo-khusus-newbie/ dengan sedikit modifikasi & tambahan

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article