List Javascript plugin gratis untuk memodifikasi number

Yoi bagi para frontend developer, kalian mungkin butuh plugin untuk memodifikasi angka-angka secara langsung di project kamu. Nah kali ini kita akan memberikan list javascript/jquery plugin yang bisa kamu jadikan pilihan untuk digunakan di project kamu nanti.

1. Numeraljs

Di urutan pertama kita punya yang namanya Numeraljs. Fungsi utamanya tentu untuk manipulasi number ya. Untuk format yang di support antara lain currency, percentages, times, atau number biasa dengan angka decimal, ribuan, dan juga singkatan.

Selain memformat angka, Numeraljs juga bisa membalikan angka yang sudah terformat sebelumnya menjadi bentuk defaultnya.

Contoh penggunaannya seperti di bawah ini ya gais:

var string = numeral(1000).format('0,0'); // '1,000'  

Untuk dokumentasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung berkunjung ke alamatnya disini : numeraljs.com

2. Wnumb

Dikutip langsung dari websitenya, wNumb.js adalah number & money formatting. Jadi kalian bisa menggunakan plugin yang satu ini untuk kebutuhan format angka dan mata uang ya gais. Dklaim memiliki interface dan penggunaan yang sangat simple dan juga ukurannya yang kecil sekitar 989 bytes jadi web app yang kalian buat tidak akan keberatan saat meload plugin ini.

Contoh penggunaannya adalah:

// Appending money-formatting 
var Format = wNumb({ 	
     	prefix: '$ ',
	decimals: 3,
	thousand: ','
	});
// Numbers are always correctly rounded
Format.to ( 980735.2635 )
=> '$ 980,735.264'

Untuk dokumentasi yang lebih lengkap, kamu bisa langsung menuju tkp : refreshless.com/wnumb

3. accounting.js

accounting.js adalah JavaScript library dibuat oleh Open Exchange Rates, yang menyediakan simple dan advance number, money dan currency formatting. Plugin ini tidak memerlukan dependencies lain dan cocok untuk semua client side maupun server side aplikasi Javascript.

// Default usage: 
accounting.formatMoney(12345678);
// $12,345,678.00  
// European formatting (custom symbol and separators), can also use options object as second parameter: 
accounting.formatMoney(4999.99, "€", 2, ".", ","); 
// €4.999,99 

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek dokumentasi di websitenya langsung ya gais: accounting.js

4. autoNumeric

Oke pada pilihan terakhir kita punya javascript plugin untuk modifikasi number, autoNumeric akan secara otomatis merubah format currency dan angka yang kamu ketikkan di form inputs.

Jadi plugin ini akan membuat form input kamu terlihat lebih userfriendly sehingga user lebih mudah membaca input angka di form yang kamu buat.

Buat dokumentasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi websitenya langsung: autoNumeric

Nah gais itu beberapa javascript/Jquery plugin yang bisa kamu gunakan untuk format angka dan mata uang di project aplikasi web yang kamu buat ya. Jika kamu punya plugin lain yang lebih keren, kamu bisa share di comment ya, salam ngide!

Please follow and like us:

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article