PHP : Penjelasan Tentang Function

Setelah belajar tentang variable, tipe data dan operators di sini. Selanjutnya kita akan mebahas tentang function. Apa itu function? Function adalah kumpulan dari beberapa statement PHP yang bisa di panggil dan digunakan berkali kali di dalam aplikasi kamu. Untuk memanggil sebuah function, kamu harus memanggilnya dengan namanya function tersebut secara langsung.

Untuk mengetahui apa sih sebenarnya function itu, kita lihat saja contoh di bawah ini:

<?php
function myFirstFunction(){
   echo "Hello World!";  
}  

//cara memanggil fungsi di atas  

myFirstFunction(); // akan menampilkan Hello World! 

Contoh diatas adalah sebuah simple function dalam PHP. Jadi dalam membuat sebuah function kamu harus mengawalinya dengan statement function kemudian di ikuti dengan nama function tersebut.Sebenarnya dalam penamaan sebuah function, kalian bebas menentukan sesuka hati kalian. Namun secara umum ada dua tipe yang biasa digunakan dalam penamaan di PHP.

Camel Case

Penamaan dengan camel case menggunakan huruf besar di setiap awal kata di dalam function tersebut. Biasanya namanya di mulai dengan huruf kecil lalu kemudian huruf besar di setiap awal kata atau setiap kata di dalam nama function itu dimulai dengan huruf besar. Contohnya iniFungsiSayaIniFungsiSaya.

Snake Case

Berbeda dengan camel case, dengan style snake case, penamaan function di pisahkan oleh underscore ( _ ) dalam setiap katanya. Contohnya adalah ini_fungsi_saya atau INI_FUNGSI_SAYA.

Function Parameters

Dalam membuat sebuah function, kalian dapat melewatkan sebuah value dari luar ke dalam function tersebut lewat sebuah parameter. Kalian bisa mendeklarasikan seberapa banyak paramater yang kamu butuhkan sesuai dengan function yang kamu buat. Contoh function yang memiliki paramater adalah:

<?php  
function functionWithParameter($param) {
     echo "Param value: ".$param; 
}  

functionWithParameter('Hello'); //output "Param value: Hello 

Jike kita perhatikan contoh di atas maka kita bisa memparsing data dari luar ke dalam function tersebut dan jika kalian tidak memberikan sebuah parameter saat pemanggilan function tersebut maka code diatas akan menjadi error seperti contoh di bawah ini.

<?php  
function functionWithParameter($param) {
     echo "Param value: ".$param; 
}  

functionWithParameter(); //dipanggil tanpa parameter 

//error Warning: Missing argument 1 in call to functionWithParameter()

Namun jika kamu ingin function tersebut dapat di panggil tanpa harus memerlukan sebuah parameter untuk di parsing, maka kamu perlu membuat parameter tersebut sebagai default argument value. Seperti apa maksudnya, coba perhatikan contoh di bawah ini.

<?php  
function functionWithParameter($param = "Default Value") {
     echo "Param value: ".$param; 
}  
 
functionWithParameter();  //output -> Default Value
 
functionWithParameter('New Value'); //output -> New Value

Jadi parameter dalam function tersebut memiliki nilai parameter defaul yaitu Default Value dimana kalau saat pemanggilannya tanpa parameter maka nilai paramternya adalah yang menjadi default tersebut.

Jadi seperti itulah basic dalam pembuatan sebuah function dalam PHP, dengan membuat sebuah function untuk aplikasi yang kamu buat, maka kamu bisa mengurangi pengulangan code (code duplication) yang kamu tulis dan saat dibutuhkan kamu tinggal function tersebut lagi.

Best Practice

  1. Dalam penamaan sebuah function, lebih baik kamu memilih nama yang mempunyai arti ketimbang nama yang asal kamu buat saja. Contohnya function dengan nama function checkError() akan lebih mudah di mengerti daripada function dengan nama misalnya  function abc(). 
  2. Sebaiknya gunakan kata kerja (verb) untuk nama function kamu.
  3. Walaupun tidak ada standar yang baku untuk penamaan sebuah function, kamu bisa memilih salah satu antara camel case atau snake case untuk project yang kamu buat, selain tetap membuat code kamu terlihat lebih cantik, tentu nanti akan memudahkan kalau ada programmer lain yang melanjutkan program kamu.
  4. Happy coding 🙂
Please follow and like us:
Tags: PHP

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article