Testing? Perlu atau perlu banget?

Testing ya? Untuk PHP developer seperti saya kadang-kadang testing menjadi part yang sangat malas dan membosankan untuk dilakukan. Kenapa? Karena kita harus mengulang hal yang sama berulang-ulang, memastikan lagi kalau code yang kita tulis sudah benar, sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya saya hanya melakukan test untuk meyakinkan code tersebut sudah berjalan maka rasanya sudah cukup dan melanjutkannya begitu saja.

1. Why Testing?

kenapa testing itu ternyata penting? Pertama, testing itu membuat kamu tidur tenang di malam hari :)), kenapa? karena kamu punya catatan kalau aplikasi kamu sudah running dengan benar sesuai yg diharapkan. Kedua, Itu tugas kamu sebagai developer tentunya selain mendevelop code kamu juga berkewajiban melakukan test terhadap code yang kamu buat. Ketiga, setiap aplikasi yang kamu buat tentu mempunyai requirements dan fitur-fitur yang dibutuhkan dimana kamu berkewajiban untuk membuat yakin kalau semua itu berjalan dengan baik dan benar dan tentu saja sudah sesuai dengan requirement yang minta/di inginkan.

2. Writting Test Code?

Secara umum kamu bisa membuat test code kamu sendiri di dalam aplikasi yang kamu buat untuk memvalidasi langsung code dari aplikasi kamu. Dengan membiasakan membuat test code, kamu akan menyipan waktu kami nanti saat karena dengan adanya test code kamu lebih mudah untuk mencari bug dan memperbaikinya. Untuk membuat test code, kamu bisa menerapkan beberapa testing methodology yang kamu rasa cocok dan mudah dilakukan. Ada 3 macam methodology yang bisa kamu pakai yaitu:

  1. Regular Testing
  2. Test-driven Developement
  3. Behavior-driven Developement

3. Testing Framework/Library? Why not

Kalau malas menulis test code kamu sendiri, disini ada beberapa testing framework yang cukup terkenal khususnya bagi PHP developer. Dengan menggunakan testing framework kamu bisa lebih cepat dalam menulis test code untuk app kamu. Ada beberapa recomended testing framework/library yang bisa kalian coba dalam mebuat test code yaitu:

  1. PHPUnit
  2. Codeception
  3. Behat

4. Summary

Yooo! Ini adalah perkenalan tentang basic dari testing pada applikasi kamu khususnya PHP. Dengan ini kamu akan belajar tentang testing dan kenapa itu penting? Kamu juga sudah tau beberapa methodology yang bisa kamu pakai dan pilih yang mana yang paling  bagus menurut kamu untuk di pakai. Selanjutnya bersiap-siap untuk testing yang lebih advance dan complex PHP testing!

Please follow and like us:
Tags: PHP testing

Hi, Saya Agus Yusida

Hello, perkenalkan saya Agus Yusida, seorang freelancer programmer, pernah membuat startup dan suka mencoba hal-hal baru. Jika ada pertanyaan bisa DM saya di IG @yusidajohn untuk fast respond. Jangan lupa like facebook ngide.net ya!

Related Article