Apa itu digital marketing? Manfaat dan jenis-jenis digital marketing

03 Oct 2023
755

Jaman sekarang dimana penetrasi internet sudah sampai pelosok Indonesia bahkan dunia, semua usaha sepertinya wajib untuk menerapkan digital marketing dalam proses bisnisnya untuk tetap relevan dengan pesaingnya.

Jadi apa itu digital marketing? Digital marketing adalah proses pemasaran maupun promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya. Dengan bantuan internet, kegiatan pemasaran menjadi lebih murah, cepat dan juga bisa menjangkau pasar yang sangat luas. 

Banyak perusahaan yang mulai beralih ke digital marketing dibandingkan dengan marketing konvensional karena ada banyak manfaatnya. Salah satunya tentu biaya yang lebih murah dan jangkuan pasar yang luas dan bisa di segmentasi dengan mudah.

Lalu apa saja jenis-jenis digital marketing?

1. Sosial Media Marketing

Sosial media menjadi salah satu alat marketing yang penetrasinya paling tinggi. Dikutip dari dataindonesia.id, pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023 dan tentunya sudah naik lagi di tahun 2024 ini. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini perusahaan harus mulai memikirkan strategy untuk mengambil peran di sosial media marketing.

Sosial media marketing dimulai dengan milih platform sosial media yang sesuai misalnya facebook, tiktok, instagram, youtube dll. Lalu teman-teman bisa mulai membuat rencana konten sampai dengan kalender posting.

2. Search Engine Marketing

Siapa yang tidak kenal google? Sepertinya kita kalau cari sesuatu di internet pasti melakukan pencarian melalui google kan?

Search engine marketing adalah upaya marketing dengan memaksimalkan upaya pencarian di search engine. Maka dari sini muncul istilah SEO atau search engine optimation dimana kita melakukan optimasi webiste agar muncul dalam posisi teratas dari pencarian di search engine dengan keyword yang sesuai.

Jika kamu ingin hasil yang cepat dalam search engine marketing, kamu bisa melakukan iklan berbayar agar posisi website otomatis di halaman pertama saat dicari.

3. Email Marketing

Email Marketing adalah strategi marketing dengan melakukan pengiriman email kepada pelanggan atau prospek untuk memberitahu mereka tentang penawaran, promosi, berita terbaru, atau konten yang relevan. Email marketing biasanya dilakukan untuk mempertahankan pekanggan lama karena perlu untuk mengumpulkan database email terlebih dahulu.

4. Content Marketing

Pernah dengar istilah content is king? Jadi hampir semua upaya marketing membutuhkan konten. Disitulah seorang content creator beraksi. Content marketing adalah upaya yang dilakukan seoarng content creator untuk membuat konten pemasaran, berupa text, photo atau video untuk menarik perhatian audience dari bisnis yang dibangun.

5. Influencer/Affiliate Marketing

Jenis digital marketing ini sendiri melibatkan pihak lain, yaitu diantaranya influencer atau mitra afiliasi dalam membantumu memasarkan produk. Influencer marketing juga dilakukan dengan cara membayar jasa influencer di internet, kemudian influencer tersebut juga akan memasarkan produk kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.

Sementara itu, affiliate marketing sendiri melibatkan mitra, dan kamu harus membayarkan komisi kepada mitra tersebut jika mereka berhasil menjual produk. Contohnya, Hostinger memiliki program afiliasi dalam memasarkan produk secara lebih luas. Program Afiliasi Hostinger sebagai strategi digital marketing.

Manfaat & kelebihan digital marketing

Manfaat dari digital marketing pasti untuk tujuan marketing sebuah produk, bisnis atu usaha untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara yang efisien. 

1. Mengakses Audiens yang Lebih Luas 
Saat ini, melalui digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas secara global. Dengan menggunakan berbagai platform online, perusahaan dapat menjangkau pelanggan potensial di berbagai lokasi geografis.

2. Pengukuran dan Analisis yang Akurat
Salah satu keunggulan besar digital marketing adalah kemampuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja kampanye dengan sangat akurat. Ini memungkinkan perusahaan untuk melihat secara langsung hasil dari upaya pemasaran dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

3. Efisiensi Biaya
Dibandingkan dengan iklan tradisional seperti iklan cetak atau televisi, digital marketing seringkali lebih efisien dalam hal biaya. Perusahaan dapat mengatur anggaran iklan sesuai dengan kebutuhan dan menghindari pemborosan.

4. Personalisasi Konten
Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk menciptakan konten yang lebih personal dan relevan untuk pelanggan. Dengan memahami preferensi pelanggan dan data perilaku, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dan relevan.

5. Interaksi Langsung dengan Pelanggan
Melalui media sosial dan alat komunikasi digital lainnya, perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Ini menciptakan peluang untuk mendengar umpan balik, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

6. Kemampuan Targeting yang Lebih Tepat
Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan pesan mereka kepada audiens yang sangat spesifik. Ini berarti perusahaan dapat menghindari pemborosan dengan hanya memasarkan kepada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan mereka.

7. Skalabilitas
Digital marketing dapat disesuaikan dengan ukuran bisnis apa pun. Baik itu perusahaan kecil atau besar, digital marketing dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Prospek Karir Digital Marketing

Dunia digital marketing memberikan berbagai pilihan karir yang menarik untuk kamu. Berikut adalah beberapa karir di bidang digital marketing beserta penjelasan singkat tentang masing-masing:

1. Digital Marketer

Profesi digital marketer adalah seorang spesialis yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran digital. Mereka dapat fokus pada berbagai aspek seperti periklanan online, pemasaran melalui media sosial, SEO, dan analisis data.

2. Social Media Specialist

Selanjutnya terdapat Social Media Specialist. Tugas profesi ini adalah mengelola dan mempromosikan merek atau perusahaan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Mereka bertanggung jawab untuk membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan pengikut, dan mengukur kinerja kampanye.

3. Content Writer/Content Creator

Jika kamu memiliki kemampuan kreativitas yang tinggi, maka profesi content dapat menjadi pilihan. Content writer/ content creator adalah individu yang membuat konten yang relevan dan menarik untuk digunakan dalam pemasaran digital. Ini bisa mencakup artikel, blog, video, infografis, dan banyak lagi.

4. SEO Specialist

Jabatan SEO Specialist berfokus pada peningkatan peringkat SEO (Search Engine Optimization) dan visibilitas situs web di hasil mesin pencari. Tugas utama dari profesi ini adalah melakukan optimasi halaman website, melakukan penelitian kata kunci, dan memantau perubahan algoritma.

5. Affiliate Marketer (Freelance)

Affiliate Marketer bekerja dengan mitra untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Seringkali orang yang berprofesi sebagai affiliate marketers dijalankan dengan cara freelance dan tidak terikat waktu di perusahaan. Affiliate marketer mendapatkan komisi berdasarkan penjualan atau tindakan yang dihasilkan melalui upaya pemasaran mereka.

Selain itu, kemampuan digital marketing yang diperoleh juga memungkinkan orang yang mendalami bidang ini untuk menjalankan bisnis online. Tentunya ini membuka peluang untuk meraih kesuksesan dan kemandirian dalam dunia bisnis digital yang terus berkembang

Jadi itulah pengertian dasar tentang digital marketing, manfaat dan juga jenis-jenis digital marketing. Apakah kamu tertarik untuk belajar digital marketing lebih lanjut?

 

 

Artikel Lainnya

Artikel lain yang mungkin menarik juga untuk kamu baca.

Bagaimana Cara Menjadi Digital Marketer Dengan Gratis?

Digital Marketing menjadi sebuah industri yang berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Terlebih lagi dengan semua industri yang beralih ke dunia digital. Jadi perlu banyak profesional dalam bidang digital.
Agus Yusida
5 min read 4937

Manfaat Belajar Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM

Dunia digital sudah tidak asing bagi kita lagi di tahun 2023. Apa-apa serba digital kan sekarang terlebih lagi dengan perkembangan internet yang sudah menjangkau hampir semua segment masyarakat. Jadi belajar digital marketing sudah menjadi kewajiban bagi pemilik usaha khususnya UMKM
Agus Yusida
5 min read 1379

Cara mendapatkan sertifikasi digital marketing bnsp?

Salah satu syarat yang biasanya dilengkapi agar menjadi profesional dalam sebuah bidang adalah mengikuti sertifikasi dan mendapatkan sertifikat agar lebih diakui oleh industri. Di Indonesia, salah satu lembaga yang bertugas untuk sertifikasi profesi adalah BNSP.
Agus Yusida
5 min read 2291

© 2024