Tips komunikasi yang efektif bagi programmer

By Yusida
29 Jul 2022

Programmer tidak selalu berususan dengan komputer tapi seringnya kita berurusan dengan client, maupun programmer lainnya. Nah untuk bisa mengerjakan sebuah project dengan lebih baik, maka perlu belajar berkomunikasi dengan efektif. 

Caranya bagaimana?

Kita akan membagikan beberapa tips komunikasi yang efektif bagi programmer yang bisa kamu coba mulai dari sekarang juga.

1. Singkat,Padat dan Jelas (Be Brief)

Tips pertama adalah berkomunikasi dengan singkat tapi padat dan juga jelas.

Kalau bisa jelaskan sesuatu dengan bahasa singkat dan padat tapi tetap bisa memberikan maksud yang sesuai kepada rekan setim kita, itu salah satu tanda bahwa kamu sudah bisa berkomunikasi dengan efektif.

Komunikasi yang baik tidak selalu dengan berbicara panjang lebar. Akan lebih baik jika kalian berkomunikasi dengan singkat tapi maksud dan tujuannya tersampaikan daripada membuang-buang waktu hanya untuk mengobrol tidak jelas.

Mulailah memberikan komunikasi yang singkat dan jelas baik itu melalui meeting singkat ataupun komunikasi melalui channel digital seperti chat atau email.

2. Berbagi Informasi dan feedback

Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi adalah dengan menulis. Memang agak sulit dilakukan tapi kalian harus mulai membiasakan menulis informasi tentang suatu hal dan meminta feedback dari tim lainnya.

Contohnya saja, setiap rilis sebuah fitur baru, siapkanlah informasi tentang bagaimana cara menggunakan fitur baru tersebut, dan tanyakan pada tim maupun user apakah itu membantu atau tidak. Jika ini dilakukan secara rutin, maka bisa menjadi latihan untuk mulai berkomunikasi dengan lebih baik dan efektif

3. Menjadi pendengar yang baik

Tips komunikasi selanjutnya sebenarnya hanya tidak berlaku bagi programmer juga sih, tapi untuk semua orang ya tergantun dengan gebetan.

Belajarlah untuk mendengarkan terlebih dahulu, jangan potong pembicaraan lawan bicara kamu.

Kamu bisa mengulangi perkataan lawan bicara kamu dengan bahasa kamu sendiri yang bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah mengerti maksud yang ingin disampaikan.

4. Bertanya

Setelah menjadi pendengar yang baik dan memahami maksud dari komunikasi lawan bicara kamu. 

Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan agar informasi yang disampaikan benar-benar sesuai dengan apa yang dimaksud.

Oh iya perlu juga diperhatikan mengenai body language, ekpresi wajah dan tone suara saat kamu bertanya maupun mendengarkan ya guys!

5. Mengerti kebutuhan pelanggan/client

Memahami project requirement juga sangat penting. 

Setelah kalian menjadi pendengar yang baik, kemudian memberikan pertanyaan seputar kebutuhan client, maka kalian akan memiliki dan mengetahui  kebutuhan client itu seperti apa sebenarnya.

Bagi para programmer, kalian wajib membaca setiap task yang diberikan dan jika tidak mengerti, jangan ragu untuk bertanya. 

Begitu juga saat selesai mengerjakan sebuah tugas, maka coba ulangi cek dan pastikan lagi apakah tugas tersebut sudah sesuai dengan requirement yang dibutuhkan.

6. Jangan salahkan orangnya tapi salahkan masalahnya.

Programmer pasti akan menemukan bug ataupun error dalam mengerjakan sebuah projek. Saat terjadi error, jangan sesekali menyalahkan orangnya, tapi belajarlah berkomunikasi dengan cara mencari dimana sih sebenarnya sumber dari masalah itu. 

Dengan menyalahkan orang lain atau tim, selain errornya tidak berhasil diselesaikan ini akan membuat komunikasi menjadi rusak dan suasana tim menjadi tidak kondusif lagi.

Sebaiknya segera fokus pada masalah dan perbaiki secara bersama-sama. Selalu encourge untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

7. Memilih komunikasi channel

Untuk berkomunikasi dengan efektif, memilih channel yang tepat juga menjadi sebuah hal yang penting.

Saya membagikan sebuah gambar tentang channel komunikasi yang tepat seusai dengan harga dan efektifitasnya.

Sebagai contoh, jika kalian membutuhkan sebuah komunikasi yang efektif dan urgent dan bisa dilakukan dimana saja, maka Video Conversation bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Jika kalian butuh komunikasi yang tidak apa-apa kurang efektif tapi harganya murah seperti misalnya membuat laporan dokumentasi pekerjaan. Maka kalian bisa mengirim lewat email ataupun kertas print.

Jadi kenapa komunikasi ini penting? Karena tugas kita sebagai programmer atau software developer dimana membutuhkan focus yang tinggi, maka diperlukan komunikasi yang se-efektif mungkin, sehingga bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat, minim error dan juga minim intervensi.

Dengan komunikasi yang bagus, bisa menghemat waktu kita, mengurangi error, dan juga memaksimalkan budget dan waktu yang tersedia, dan yang terpenting menciptakan sebuah lingkungan kerja yang bagus dan nyaman untuk semua tim developer kita.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap selalu menigkatkan komunikasi skillnya ya guys!

Artikel Lainnya

Artikel lain yang mungkin menarik juga untuk kamu baca.

Tips cara mengubah link google form dengan mudah

Bagaimana cara mengubah link google form dengan mudah dan juga bagaimana cara memperpendek link atau url google form dengan mudah sehingga lebih mudah di ingat.
Yusida
5 min read

Apa itu Minutes of Meeting? Fungsi dan Cara membuat MoM

Kita akan membahas apa itu minutes of meeting dan fungsinya dan juga bagaimana sih cara membuat MoM yang baik dan benar
Yusida
5 min read

Kumpulan Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Sedang Online. Yuk Simak!

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menghilangkan status online pada WhatApp, kita akan membagikan beberapa tips cara agar WA terhilat offline padahal kita sedang online.
Yusida
5 min read

Apakah kamu ada kendala / masukan / atau sekedar ucapan terimakasih untuk artikel ini? 😁

Tele Group

© 2022 - NGIDE.NET. All rights reserved.